Melihat Prajurit TNI Jemput Bola Vaksinasi Warga Pelosok Karawang

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 21:19 WIB
Prajurit TNI melakukan vaksinasi terhadap warga pelosok Karawang
Prajurit TNI melakukan vaksinasi terhadap warga pelosok Karawang (Foto: Yuda Febrian)
Karawang -

Berjarak lima kilometer dari pusat pemerintah desa (Pemdes), puluhan vaksinator dari TNI dan Polri dengan kendaraan roda dua menyusuri bibir pantai pesisir Karawang dalam upaya menggenjot vaksinasi di daerah 3T (Terisolir, Terpencil dan Terluar).

Program serbuan vaksinasi Siliwangi memang tengah menyasar daerah 3T di Karawang. Dikomandoi langsung oleh Panglima Kodam III/Siliwangi, ribuan dosis vaksin diberikan kepada masyarakat di daerah 3T.

Petugas TNI-Polri harus menyusuri pantai untuk menjangkau wargaPetugas TNI-Polri harus menyusuri pantai untuk menjangkau warga Foto: Yuda Febrian

Panglima Kodam III Siliwangi, Mayjen Agus Subiyanto mengungkapkan kegiatan vaksinasi di Desa 3T kali ini dalam upaya percepatan penanganan COVID-19 melalui pemberian vaksin terhadap masyarakat. Disamping itu, untuk membantu capaian vaksinasi.

"Kegiatan vaksinasi kali ini sengaja kami gelar di desa 3T. Tentu untuk mempermudah akses masyarakat dalam mendapatkan vaksin juga untuk mempercepat capaian vaksinasi, yakni 70 persen pada bulan Desember, agar masyarakat di daerah 3T bisa terbentuk herd immunity nya," ujarnya saat vaksinasi di Dusun Tanjungsari, Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya pada Kamis (16/9/2021).

Lebih lanjut, kata dirinya, penduduk di Dusun Tanjungsari ini kurang lebih ada sekitar 100 KK yang dicanangkan menerima dosis vaksin pertama maupun yang kedua.

"Di dusun ini yang sangat terisolir ada 100 Kepala Keluarga (KK) dan kami vaksinasi dosis pertama, dan kedua," ungkapnya.

Bukan hanya itu saja, Ia juga memberikan 3 unit ambulan roda 3, sebagai alat akomodasi kesehatan.

"Kami juga berikan alat penunjang berupa kendaraan ambulan mini roda dua, agar dapat dipergunakan untuk keperluan masyarakat pada keadaan genting agar mempermudah dalam melakukan evakuasi ke fasilitas kesehatan, misalnya seperti ibu hamil yang mau melahirkan, ataupun keperluan lainnya. Kita ketahui kampung ini kan tidak bisa diakses mobil karena akses jalan yang kurang memadai," tuturnya.

Masyarakat yang telah menerima dosis vaksin juga diberikan sembilan bahan pokok sebagai kebutuhan sehari-hari dalam rangka membantu dan meringankan bebannya di tengah pandemi Covid-19 yang masih belum bisa terselesaikan.

"Kami juga bagikan paket sembako sederhana, untuk meringankan beban masyarakat di masa pandemi ini," tandasnya.

Sementara itu, ditemui di tempat sama, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Karawang, Endang Suryadi mengungkapkan ada sebanyak 1.000 vaksin jenis Sinovac menyisir usia 12 tahun ke atas yang disiapkan di daerah 3T.

"Kami sudah menyiapkan 1.000 dosis vaksin untuk daerah 3T dengan jenis vaksinnya Sinovac karena agar bisa menyisir usia 12 tahun ke atas," tandasnya.

Dalam pantauan detikcom di lapangan, untuk menuju ke lokasi vaksinasi, Panglima Kodam III Siliwangi beserta rombongan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bupati, Dandim 0604, dan Kapolres terpaksa menggunakan kendaraan roda dua, dan harus menempuh jarak 5 kilometer menyusuri bibir pantai.

(mud/mud)