Waspada Musim Hujan, Ini Daerah Rawan Banjir-Longsor di Banten

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 09:33 WIB
Ilustrasi Jalan tertutup akibat banjir, pengalihan arus akibat banjir, awas banjir
Ilustrasi banjir (Ilustrator: Andhika-detikcom)
Serang -

Beberapa daerah di Lebak, khususnya Rangkasbitung, mengalami banjir pada awal musim hujan di September 2021. Kabupaten ini adalah daerah dengan peringkat kedua di Banten untuk kerawanan bencana. Daerah lain seperti Pandeglang dan Serang pun tak luput dari banjir jika musim hujan tiba.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banten Nana Suryana mengatakan pihaknya memetakan ada ratusan kecamatan yang berpotensi banjir di 8 kabupaten kota se-Banten. Pemetaan sampai tingkat kelurahan-desa, jumlahnya bisa lebih banyak karena pemetaan dilakukan BPBD masing-masing wilayah.

"Nama kecamatan sudah kita petakan, total kecamatan rawan seluruhnya ratusan," Nana berbincang dengan detikcom, Kamis (16/9/2021).

BPBD membuat peta kerawanan bencana yang diperbaharui per lima tahun sekali yaitu dari 2015-2020. Tapi, informasi daerah rawan terbaru tentunya bisa terus bertambah karena setiap tahun ada titik baru baik itu banjir dan longsor.

"Totalnya jadi ratusan, tapi jika tahun kemarin tidak terjadi banjir, kemudian kemarin banjir, itu kami catat," ujarnya.

Berikut daerah rawan banjir-longsor berdasarkan data BPBD Banten yang dibuat berdasarkan basis kecamatan.

Daerah Rawan Longsor

1. Kota Serang: Kecamatan Kasemen, Cipocok, Serang, Walantaka

2. Kabupaten Serang: Kecamatan Bojonegara, Kramatwatu, Puloampel, Ciruas, Walantaka, Kragilan, Pontang, Tirtayasa, Tanara, Cikande, Kibin, Carenang, Binuang, Tunjung Teja, Cikeusal, Pamarayan, Anyar, dan Cinangka.

3. Kota Tangerang: Kecamatan Tangerang, Cipondoh, Batuceper, Ciledug, Jatiuwung, Benda, Karawaci, Cibodas, Periuk, Neglasari, Pinang, Karang Tengah, dan Larangan

4. Tangerang Selatan: Kecamatan Serpong, Ciputat, Ciputat Timur dan Pondok Aren.

5. Kabupaten Pandeglang: Kecamatan Labuan, Patia, Sukaresmi, Cikedal, Pagelaran, Pamimbang, Sumur, Carita.

6. Kabupaten Lebak: Malingping, Banjarsari, Cimarga, Rangkasbitung, Cibadak.

Daerah Rawan Longsor

1. Kabupaten Serang: Kecamatan Bojonegara di Desa Margagiri, Bojonegara, Pangarengan. Kecamatan Cikeusal di Katulisan.

2. Kabupaten Pandeglang: Kecamatan Cadasari di Desa Kaduengang dan Juhut. Kecamatan Mandalawangi di Sinarjaya, Panjangjaya, Ramea.

3. Kabupaten Lebak: Kecamatan Cipanas di Desa Lebakgedong, Pasiraur, Lebaksangka, Lebakhau. Kecamatan Muncang di Pasir Nangka, Karang Combong, Hariang, Cibujah, Sobang, Majasari. Kecamatan Cibeber di Cisungsang, Cikadu, Cikadu, Sobang. Kecamatan Bayah di Pasirgembong.

(bri/bbn)