Peserta Seleksi CPNS-PPPK di Cianjur Gratis Swab Antigen

Ismet Selamet - detikNews
Senin, 13 Sep 2021 13:50 WIB
Ilustrasi Tes CPNS
Ilustrasi tes CPNS (Ilustrator: Luthfy Syahban/detikcom)
Cianjur -

Pemkab Cianjur menggratiskan layanan tes swab Antigen untuk peserta seleksi CPNS dan PPPK. Hal itu dilakukan untuk mempermudah para peserta seleksi mengikuti tes lanjutan sekaligus mengejar target tracing COVID-19.

Bupati Cianjur Herman Suherman, mengatakan pihaknya banyak mendapatkan permintaan dari peserta seleksi CPNS dan PPPK agar memfasilitasi terkait syarat tes COVID-19. "Dari banyaknya permohonan tersebut diputuskan Pemkab akan memfasilitasi dan menggratiskan swab test Antigen untuk peserta seleksi (CPNS dan PPPK)," ujar Herman saat ditemui di Pendopo Cianjur, Jalan Siti Jenab, Senin (13/9/2021).

Menurut Herman, layanan tes swab Antigen gratis tersebut bisa diakses di setiap puskesmas di Kabupaten Cianjur. Dia menjelaskan peserta seleksi yang memerlukan tes, bisa langsung datang ke puskesmas dan hanya perlu menunjukkan KTP serta kartu peserta ujian seleksi CPNS atau PPPK.

"Cukup tunjukkan KTP dan kartu peserta, dipastikan gratis. Jika dipungut biaya, silakan laporkan," ucap Herman.

Dia menuturkan fasilitasi tersebut juga dilakukan untuk mengejar target tracing. Menurutnya dalam satu pekan terakhir, Pemkab Cianjur sudah melakukan 30 ribu tracing COVID-19 dengan positif rate hanya 0,5 persen.

"Kita sedang mengejar status PPKM level 1, salah satunya dengan tercapainya target tracing. Memang sudah sesuai tapi kita genjot terus agar lebih dari target, salah satunya melalui test pada peserta seleksi," tutur Herman.

Zedi Sumanjaya, salah satu CPNS, sempat kebingungan untuk melakukan tes swab Antigen yang menjadi syarat untuk mengikuti testlanjutan seleksi CPNS. Dia merespons positif soal gratisnya swab Antigen.

"Jadi bisa berhemat, sebab untuk test antigen sudah difasilitasi dan gratis. Rencananya hari ini mau ke puskesmas untuk swab Antigen," ucap Zedi.

(bbn/bbn)