Beras 'Batu' Bantuan PPKM Juga Ditemukan di Kabupaten Lebak

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Jumat, 06 Agu 2021 11:12 WIB
Beras Batu di Pandeglang
Foto: Beras 'batu' yang ditemukan di Padeglang (Rifat Alhamidi/detikcom).
Lebak -

Beras dengan kondisi menggumpal seperti batu juga ditemukan di beberapa tempat di Kabupaten Lebak. Ada tujuh karung beras tidak layak yang diterima warga dan rencananya akan diganti oleh Bulog.

"Iya, kemarin yang agak menggumpal 7 tapi sisa (pengiriman) ada 27 tapi kita tarik semua," kata Kepala Bulog Sub Divre Pandeglang-Lebak M Wahyudin saat dihubungi detikcom, Jumat (6/8/2021).

Beras 'batu' bantuan untuk warga terdampak PPKM di Lebak itu sama kasusnya seperti yang ditemukan di Pandeglang. Beras tersebut berasal dari Bulog dan didistribusikan oleh PT Pos.

"Lebak sudah kita ganti juga, sama kasusnya kehujanan pas pembongkaran," ujarnya.

Distribusi bantuan PPKM itu katanya masih berlangsung untuk beberapa hari ke depan. Untuk antisipasi, Bulog minta meminta pengantaran oleh PT Pos dipasang terpal agar terlindung dari hujan.

"Dari pihak Bulog nggak ada masalah karena yang terjadi pada saat pengantaran pengiriman berasnya, musim hujan harus pakai terpal baik-baik," ujarnya.

Awalnya, penemuan beras 'batu' menggegerkan warga penerima di Pandeglang. Beras dengan berat 10 kilo ini dibagikan pada Selasa (3/8) sebagai bantuan PPKM 2021. Kondisi beras berwarna kuning dan penuh gumpalan keras mirip batu.

"Ini beras dari Bulog katanya buat bantuan PKH. Dicuci juga warnanya tetap begitu kang, enggak bisa dimakan ini mah," kata Uki warga di Kelurahan Pandeglang yang menerima bantuan beras saat ditemui wartawan pada Kamis (5/8) kemarin.

Simak juga '2 Petugas PKH Sunat Dana Bansos Rp 50-100 Ribu per KK, Ini Modusnya':

[Gambas:Video 20detik]



(bri/mso)