Kabar Baik! Ibu Hamil di Cimahi Segera Divaksinasi COVID-19

Whisnu Pradana - detikNews
Kamis, 05 Agu 2021 19:34 WIB
Pregnant woman holding dried Date Palm fruit on black background
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/seksanwangjaisuk)
Cimahi -

Pemerintah Kota Cimahi memastikan ibu hamil juga bakal mendapatkan giliran untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19. Artinya saat ini vaksinasi COVID-19 di Kota Cimahi mencakup beberapa kategori, mulai dari umum, lansia, anak usia 12-17 tahun, dan yang terbaru ibu hamil.

Kepastian tersebut merujuk pada Surat Edaran HK.02.01/I/2007/2021 tentang Vaksinasi COVID-19 bagi Ibu Hamil dan Penyesuaian Skrining dalam Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19.

Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi pada Dinas Kesehatan Kota Cimahi Indah Gilang Indira mengatakan Kementerian Kesehatan sudah meminta data ibu hamil yang ada di Cimahi untuk mendapatkan jatah vaksinasi.

"Datanya sudah masuk pusat. Tapi untuk pelaksanaan vaksinasinya belum dipastikan kapan. Karena kita juga kan harus menunggu ketersediaan vaksinnya," ungkap Indah kepada wartawan, Kamis (5/8/2021).

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Cimahi jumlah ibu hamil yang terdata hingga Juni 2021 mencapai 4.894 orang. Namun jumlah tersebut masih bisa berubah sebab ada pembatasan usia kehamilan yang boleh menjalani vaksinasi..

"Kalai melihat surat edaran, batasnya itu usia kandungan trimester kedua atau di atas 13 minggu. Ibu hamilnya juga harus by name by address, sekarang datanya sedang dipilah yang sesuai syarat," terang Indah.

Sementara soal skema pelaksanaannya, vaksinasi COVID-19 untuk ibu hamil bakal difokuskan di setiap Puskesmas di Kota Cimahi. Sebab khusus ibu hamil akan ada observasi menyeluruh.

"Ibu hamil memiliki risiko terpapar COVID-19 sama dengan orang yang tidak hamil. Untuk itu, ibu hamil diminta untuk menjaga kondisi kesehatan dan tidak mudah stres dengan kondisi sekarang ini. Apalagi belum disuntikan vaksin COVID-19," tegas Indah.

(mud/mud)