Aksi Nekat Pimpinan AKAR Diduga Gegara PPKM, MUI Jabar: Jangan Ditiru!

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 05 Agu 2021 11:52 WIB
Seorang pria diduga mencoba bunuh diri di depan Balai Kota Bandung
Lokasi pria diduga mencoba bunuh diri di Bandung. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Bandung -

Informasi dalam artikel ini tidak ditujukan untuk menginspirasi kepada siapa pun untuk melakukan tindakan serupa. Bagi Anda pembaca yang merasakan gejala depresi dengan kecenderungan berupa pemikiran untuk bunuh diri, segera konsultasikan persoalan Anda ke pihak-pihak yang dapat membantu seperti psikolog, psikiater, ataupun klinik kesehatan mental.

Ketua Harian Asosiasi Kafe dan Restoran (AKAR) Jabar, inisial GB, melakukan percobaan bunuh diri yang diduga bentuk protes PPKM. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jabar meminta masyarakat tak meniru aksi tersebut.

"Jangan ditiru. Pahit-pahitnya kita lebih baik bertahan dalam penderitaan, tapi dalam suasana tawakal, sabar gitu. Itu meninggal pun syahid. Daripada sudah menahan penderitaan, terus bunuh diri ya udah nggak ada untungnya," ucap Sekretaris MUI Jabar Rafani Achyar kepada wartawan, Kamis (5/8/2021).

Dia mengaku prihatin atas apa yang dilakukan oleh GB. Ia pun menilai saat ini banyak masyarakat yang bernasib sama akibat imbas PPKM.

"Ini dilematisnya kebijakan PPKM itu kan kebijakan pusat ya, nah Pemda itu baik provinsi maupun kabupaten dan kota kan nggak bisa apa-apa karena itu instruksi harus dilaksanakan, itu dilema," kata dia.

MUI Jabar meminta agar pemerintah memberikan kebijakan yang nantinya sama-sama menguntungkan bagi masyarakat. Pemerintah diharapkan lebih cermat dalam mengambil kebijakan

"Bagi pemerintah, pemerintah ini juga jangan menutup mata. Ini kasus bukan kecil menurut saya. Ini kalau sampai terjadi bunuh diri kemarin itu, ini luar biasa," ujar Rafani.

Sekadar diketahui, GB melakukan percobaan bunuh diri di depan Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Rabu (4/8) siang. Saat ini, pria menjabat Ketua Harian AKAR Jabar tersebut menjalani perawatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

Aksi percobaan bunuh diri ini diduga buntut kekecewaan GB terhadap aturan PPKM yang ditetapkan di Bandung. Sekadar diketahui, GB merupakan orang yang vokal mengkritisi penerapan PPKM.

Simak Video: Kesaksian Warga saat Melihat Pengurus AKAR Jabar Coba Bunuh Diri

[Gambas:Video 20detik]




(dir/bbn)