Round-Up

Cerita Kecewa PPKM dan Aksi Geger Pengurus AKAR di Depan Balai Kota

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 05 Agu 2021 08:28 WIB
Seorang pria diduga mencoba bunuh diri di depan Balai Kota Bandung
Lokasi pria diduga mencoba bunuh diri di Bandung (Wisma Putra/detikcom)
Bandung -

Informasi dalam artikel ini tidak ditujukan untuk menginspirasi kepada siapa pun untuk melakukan tindakan serupa. Bagi Anda pembaca yang merasakan gejala depresi dengan kecenderungan berupa pemikiran untuk bunuh diri, segera konsultasikan persoalan Anda ke pihak-pihak yang dapat membantu seperti psikolog, psikiater, ataupun klinik kesehatan mental.

Suasana di depan Balai Kota (Balkot) Bandung tetiba geger dengan aksi pria inisial GB. Ketua Harian Asosiasi Kafe dan Restoran (AKAR) tersebut berupaya bunuh diri dengan melukai tubuhnya. Sebelum insiden berdarah itu berlangsung, beredar rekaman suara diduga kuat GB yang menyampaikan pesan protes dan menunjukkan ekspresi kekecewaan berkaitan penerapan PPKM Level 4 di Kota Bandung.

Beberapa hari sebelumnya, Kamis (29/7), GB beserta pengurus AKAR Jabar menggelar jumpa pers di sebuah rumah makan di Kota Bandung. Pihak AKAR menyampaikan saat itu batal mengibarkan bendera putih karena aspirasinya sudah disampaikan ke Pemkot Bandung.

Aksi percobaan bunuh diri itu dilakukan GB pada Rabu (4/8) siang, sekitar pukul 13.10 WIB. Bos kuliner tersebut ditemukan terkapar di depan Balkot. Perut dan lehernya terluka.

"Jadi didapat seseorang di Jalan Wastukencana Kota Bandung, di depan Pemkot atau depan pintu gerbangnya, melakukan upaya bunuh diri," ucap Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya.

Menurut Ulung, GB sempat menelepon rekan, inisial JJ, yang bekerja di Humas Pemkot Bandung. GB menginformasikan bila dirinya ada di depan Balai Kota Bandung. JJ pun menjumpai GB.

"Pada saat saksi atas nama JJ ini datang, ternyata korban sudah di tengah jalan dan melakukan upaya bunuh diri. Dilakukan pencegahan oleh JJ, tapi sudah terlambat karena sudah menusuk perutnya, kemudian lehernya kiri dan kanan," kata Ulung.