Bupati Bandung Tegaskan Renovasi Ruang Komisi-Fraksi DPRD Dilanjutkan

Muhammad Iqbal - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 17:51 WIB
Bupati Bandung Dadang Supriatna
Foto: Bupati Bandung Dadang Supriatna (Muhammad Iqbal/detikcom).
Kabupaten Bandung -

Bupati Bandung Dadang Supriatna angkat bicara perihal polemik rencana renovasi ruang komisi dan fraksi di gedung DPRD Kabupaten Bandung. Dia menyebut pembangunan tersebut akan terus dilanjutkan.

Sekadar diketahui, dana untuk merenovasi ruang fraksi dan komisi akan menghabiskan dana sekitar Rp 2,8 miliar. Saat ini, rencana pembangunan tersebut sudah masuk di laman Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Bandung.

"Kalau saya melihat, pembangunan konstruksi ini baik di PPKM darurat, PPKM level 4, ini tidak ada hambatan dan diberhentikan yah. Artinya walaupun dalam kondisi pandemi ini instruksi dari pusat, perkembangan atau pertumbuhan ekonomi ini harus terus dilakukan," kata Dadang mengawali saat ditanyai soal renovasi ruangan DPRD Kabupaten Bandung di Rumah Dinas Bupati, Rabu (4/8/2021).

Dadang mengatakan tidak akan melarang atau menghambat pembangunan tersebut. Namun, ia meminta agar pelayanan kepada masyarakat tidak terhalangi.

"Persoalan nanti kalau ada renovasi DPRD dan sebagainya, ya nanti kita atur. Pelayanan masih bisa melaksanakan kegiatan, ya kita cari ruangan yang representatif dan bisa melayani. Serta tetap memperketat protokol kesehatannya," tutur Dadang.

Ia menjelaskan, pembangunan infrastruktur di daerah harus terus dilakukan. Karena pembangunan tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Artinya walaupun dalam kondisi pandemi ini, instruksi dari pusat, perkembangan atau pertumbuhan ekonomi ini harus terus dilakukan," ucapnya melanjutkan.

"Termasuk ruang Sekda mau ada renovasi, walaupun ruang Sekda, Bupati dan Wakil Bupati akan direnovasi, tapi kan kita bisa melayani di sini, saya ada rumah dinas di sini. Apalagi dengan aplikasi sekarang, kalau misalkan online sudah selesai," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Partai Demokrat dan NasDem meminta agar rencana renovasi ruang fraksi dan komisi DPRD Kabupaten Bandung dikaji ulang bahkan ditunda.

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bandung Endang mengatakan agar DPRD Kabupaten Bandung menunda pelaksanaan renovasi ruang fraksi dan komisi. Pasalnya, saat ini kegiatan DPRD sudah berkurang dan terbatas di masa pandemi COVID-19.

"Sebaiknya ditunda dulu, kan kegiatan DPRD-nya juga berkurang dan terbatas kalaupun rapat-rapat (sekarang) banyak zoom," ungkap Endang saat dihubungi detikcom, Rabu (4/8/2021).

(mso/mso)