Gelar Vaksinasi di Ponpes, Kepala BIN: Ujung Tombak Ketahanan Kita

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Minggu, 01 Agu 2021 19:23 WIB
Kepala BIN Budi Gunawan salurkan bantuan di ponpes Tangerang Selatan
Foto: Kepala BIN Budi Gunawan salurkan bantuan di ponpes Tangerang Selatan (Istimewa).
Tangerang Selatan -

Badan Intelijen Negara (BIN) melakukan vaksinasi ke pelajar di pondok pesantren di Tangerang Selatan. Kepala BIN Budi Gunawan mengatakan bahwa ponpes merupakan ujung tombak ketahanan NKRI di mana generasi didik religiusitas, toleransi dan nasionalismenya.

"Pondok pesantren merupakan ujung tombak ketahanan kita, karena di sinilah para generasi muda dididik untuk aspek religius, kemudian nasionalis, dan toleran," ucap Budi Gunawan di Pondok Pesantren Ummul Qura, Jalan Pondok Cabe, Pamulang, Tangsel, Minggu (1/8/2021).

Tidak hanya vaksinasi, BIN juga membagikan 7.000 paket sembako ke warga. Ini adalah bagian dari vaksinasi ke pesantren, door to door ke warga di tiga Provinsi yaitu Banten, Jawa Barat dan Jawa Timur.

"Spot-spot ini kita pilih karena lonjakan angka positif ratenya cukup tinggi dan sudah menjadi zona hitam. Sehingga kami masuk di tiga titik tersebut," ujar.

Vaksinasi door to door dibuat khusus bagi warga di perumahan padat penduduk. Karena muncul klaster rumah tangga dan jadi yang paling mendominasi. Upaya ini juga untuk mencegah adanya kematian bagi warga akibat virus.

"Di sini juga banyak yang melakukan isolasi mandiri (isoman). Kami menargetkan saat ini bagaimana menekan angka laju kematian, makanya kami masuk di perumahan-perumahan padat penduduk," katanya.

Budi Gunawan meminta seluruh elemen masyarakat bisa mensukseskan vaksinasi yang dilakukan pemerintah. Ini dilakukan agar Indonesia mencapai target herd immunity sesuai yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

"Agar Indonesia segera mencapai target herd immunity atau ketahanan secara kolektif," harapnya.

Pimpinan Ponpes Ummul Qura KH Syarif Rahmat juga menyambut baik upaya vaksinasi ke pondok pesantren. Ia pun mengajak tokoh masyarakat, kiai, ulama, pendidik untuk mensukseskan program vaksinasi.

"Saya berharap kepada saudara-saudara saya para kyai, para ulama, para guru dan seluruh pendidik, masyarakat, untuk bahu membahu tolong menolong dan menyampaikan bahwa saatnya kita berperang. Tidak boleh berbeda pendapat," katanya menambahkan.

Selain vaksinasi, di lokasi sama BIN juga membagikan sembako sebanyak 7.000 paket serta vitamin ke warga. Pemberian bantuan ini diberikan pada warga yang terdampak pandemi Corona.

(bri/mso)