Vaksinasi Capai 980 Per Hari, Cirebon Targetkan Herd Imunity Agustus 2022

Sudirman Wamad - detikNews
Minggu, 01 Agu 2021 18:40 WIB
Senior woman wearing protective face mask getting flu shot, female doctor in protective workwear holding syringe and injecting vaccine in patients arm; prevention and immunization from corona virus infection
Foto: Ilustrasi (Getty Images/iStockphoto/zoranm).
Cirebon -

Pemkot Cirebon, Jawa Barat, memprediksi herd immunity bisa tercapai pada Agustus 2022. Hal itu sesuai dengan ketercapaian vaksinasi harian di Kota Cirebon.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon Agus Mulyadi mengatakan saat ini, pihaknya mampu melaksanakan vaksinasi sebanyak 980 vial vaksin per hari.

"Ini belum sesuai target sebenarnya. Dengan kecepatan vaksin 980 per hari, maka berakhir (herd immunity) pada Agustus 2022," kata Agus kepada awak media di Balai Kota Cirebon, Minggu (1/8/2021).

Agus mengaku tanpa percepatan vaksinasi, maka herd immunity yang ditargetkan pada April 2022 tak akan tercapai. Agus berupaya agar adanya akselerasi atau percepatan vaksinasi untuk bisa mencapai herd immunity.

"Hasil evaluasi terakhir kita berada di posisi kedua di Jabar. Pak Gubernur masih minta terus ditambah per hari. Kemudian, harus ada keseragaman dengan wilayah sekitarnya," kata Agus.

"Kita tengah mengupayakan adanya pembukaan sentreal vaksin. Harapannya bisa 3.000 vial vaksin per hari," kata Agus menambahkan.

Dikutip dari laman covid19.cirebonkota.go.id menyebutkan, sebanyak 262.198 orang yang menjadi sasaran vaksinasi di Kota Cirebon. Saat ini sebanyak 99.500 orang telah mengikuti vaksinasi dosis pertama. Dan, 56.155 orang telah mengikuti vaksinasi dosis kedua.

(mso/mso)