Round-Up

Akhir Bahagia Pria Garut yang Beli Nasi Padang Berbekal Uang Rp 5 Ribu

Hakim Ghani - detikNews
Minggu, 01 Agu 2021 08:45 WIB
Garut -

Seorang penjual agar-agar asal Garut membuat netizen terenyuh saat tertangkap kamera hanya membawa uang Rp 5 ribu untuk membeli nasi padang. Warganet berbondong-bondong membantu hingga akhirnya terkumpul donasi ratusan juta rupiah.

Dia adalah Mang Eman, pria berusia 51 tahun asal Kecamatan Cilawu, Garut. Mang Eman seketika jadi sorotan karena videonya saat ingin membeli nasi padang tapi hanya berbekal duit Rp 5 ribu atau goceng tersebar di TikTok.

Dalam video berdurasi 57 detik itu, Mang Eman terlihat mondar-mandir di dalam rumah makan dengan niat ingin membeli. Namun, dalam video, terekam dia hanya membawa duit goceng. Duit yang tak cukup untuk seporsi nasi padang dengan menu rendang yang dia pesan, yang dihargai Rp 18 ribu.

Dia kemudian diberi seporsi nasi bungkus gratis oleh pemilik warung. Sang bapak kemudian berlalu sembari berterima kasih dan menyapa orang yang ada di sana. Dalam video tersebut, pemilik akun TikTok @elsameliaa memberikan beberapa keterangan.

"Ada bapa yang jualan agar-agar, mau beli nasi padang. Aku ga video jualannya karna takut dia kesinggung. Dia senyum sambil megang uang 5.000," kata pemilik akun dalam video yang diunggah Kamis (29/7) itu.

"Gatega banget liat wajah bapanya. Di masa pandemi gini kerasa banget kalo jualan sepi. Apalagi ini cuma jualan agar2," katanya menambahkan.

detikcom berbincang dengan Elsa Amelia, pengunggah pertama video Mang Eman yang juga anak dari pemilik warung nasi padang yang didatangi Mang Eman saat kejadian.

Elsa mengatakan, kejadian Mang Eman terpincut nasi padang tapi bawa uang Rp 5 ribu itu berlangsung Kamis sore. Saat itu, Eman menyambangi warung milik keluarga Elsa di Jalan Raya Ahmad Yani Timur, Kecamatan Garut Kota.

"Jadi awalnya saya lihat ada bapak tukang jualan agar-agar masuk, dia mau beli tapi cuman punya uang Rp 5 ribu. Saya di situ kasihan dan iseng-iseng saja video," kata Elsa.

Mang Eman sendiri mengaku, saat kejadian, dia sedang kelaparan dan berniat untuk membeli makanan di warung itu. Dia membawa duit goceng. Selembar uang yang dia miliki karena saat itu agar-agar yang dia sajikan tak laku.

"Saya belum makan, lapar. Jadi saya beli ke sini (rumah makan padang)," kata Eman.

Kisah Mang Eman ini membuat warganet terenyuh. Warganet bahkan berbondong-bondong meminta Elsa untuk membuka donasi. Hingga Sabtu (31/7) kemarin, diketahui donasi yang terkumpul untuk Mang Eman mencapai Rp 108 juta.

Donasi itu sudah diserahkan langsung oleh Elsa kepada Mang Eman. Elsa berpesan, sesuai permintaan para donatur, duit itu agar dipergunakan untuk membangun rumah. Karena, menurut informasi, Mang Eman saat ini masih tinggal di rumah mertua bersama dua orang anak dan istrinya yang saat ini tengah hamil.

Sementara kakak ipar Eman, Wawan (46) mengatakan, Eman mengaku ingin mendonasikan kembali uang pemberian netizen yang diterima untuk anak yatim-piatu.

"Dipergunakan juga untuk anak yatim. Masih banyak yang membutuhkan," ungkap Wawan.

(mso/mso)