Cerita Uncle Teebob Jual Dua Mobil untuk Hidupi Dapur Umum Isoman

Yudha Maulana - detikNews
Sabtu, 31 Jul 2021 21:19 WIB
Uncle Teebob Jual Dua Mobil untuk Dapur Isoman
Dapur umum isoman di Jl Cipedes, Sukajadi, Kota Bandung. (Foto: istimewa)
Bandung -

Tubagus Zainal Arifin merasakan begitu hangat dan berharganya uluran tangan sesama selagi menjalani isolasi mandiri (isoman) akibat terpapar COVID-19. Kepedulian itu memantik semangatnya bersama sang istri untuk menebar kebaikan yang sama kepada pasien isoman dan warga lainnya yang terdampak pandemi COVID-19.

Aksi yang dilakukan oleh pria yang akrab disapa Uncle Teebob ini benar-benar total, sebagai modal untuk menebar makanan bagi pasien isoman dan warga yang terdampak, ia sampai menjual dua buah mobil kesayangannya. Ia mendirikan Dapur Umum Isoman yang bisa melayani hingga 3.000 porsi per harinya.

"Alhamdulillah. Dari sebelum aksi ini kita punya komunitas yang memang bergerak di bidang sosial, kemanusiaan. Di saat saya kemarin terkena COVID-19 di saat itu ibu-ibu di lingkungan saya memberikan makanan, saya berdua sama istri itu sudah menolak tapi katanya mereka ingin membantu," ujar Uncle Teebob saat dihubungi detikcom, Sabtu (31/7/2021).

"Mendapatkan respons itu membuat kita berpikir ulang, sampai akhirnya saya dan istri pertama kali bilang, kita harus melakukan sesuatu, bagian kita sekarang untuk membantu," katanya melanjutkan.

Ia dan istrinya pun sepakat untuk mendirikan Dapur Umum Isoman yang lokasinya terletak di Jl Cipedes, Sukajadi, Kota Bandung. Tepatnya di samping Lapangan Abra. Informasi mengenai dapur itu pun kemudian ia sebarkan melalui jejaringnya dua hari sebelum masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Saya berpikir untuk satu RW atau satu kelurahan saja. Dua hari kita share ke RW-RW siapa saja yang di daerahnya ada yang isoman. Ternyata responnya bukan hanya dari kelurahan kita saja, juga bukan sekecamatan. Tapi juga dari Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Bandung," katanya.

"Pada akhirnya ya sudahlah bismillah saja deh, kita dapat titipan ini memang sudah saatnya kita kembalikan. Akhirnya kita buat kegiatan itu, Dapur Umum Isoman," tutur Uncle Teebob.