Panorama 360

Penampakan 'Matinya' Taman Raflesia Alun-alun Ciamis Saat PPKM

Dadang Hermansyah - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 13:58 WIB
Taman Raflesia Ciamis
Taman Raflesia Alun-alun Ciamis (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Pemkab Ciamis menutup fasilitas umum selama PPKM darurat dan level 3 untuk mengurangi mobilitas masyarakat. Selain Alun-alun Ciamis, beberapa tempat lainnya yang ditutup seperti Taman Lokasana, Taman Hutan Kota Cigembor, Sirkuit BMX, Kawasan Islamic Center dan beberapa Alun-alun di daerah.

Taman Raflesia Alun-alun Ciamis salah satu ikon di pusat perkotaan Ciamis. Tempat ini biasanya menjadi favorit warga untuk rekreasi gratis, terutama pada sore hari dan akhir pekan.

Di Alun-alun biasa banyak PKL yang menyediakan jajanan kuliner khas Ciamis. Terdapat juga becak cinta dan delman domba sebagai wahana khas, ditambah beberapa permainan anak yang bisa disewakan seperti mobil remote maupun komedi putar.

Kondisi yang biasa ramai itu seketika hilang ketika PPKM diberlakukan. Pantauan di lokasi, Jumat (30/7/2021), suasana Taman Raflesia Alun-alun Ciamis terlihat 'mati' alias sepi pengunjung. Para pedagang kaki lima sementara tidak boleh berjualan dan beberapa pintu masuk Alun-alun diberi garis Satpol PP (Satpol PP).

Bahkan setiap pagi dan sore hari, petugas kepolisian menutup akses masuk menuju kawasan Alun-alun Ciamis. Sehingga sedikit masyarakat yang masuk di kawasan tersebut.

"Memang sejak PPKM, setiap pagi dan sore akses ke Alun-alun ditutup. Jadi kendaraan yang melintas ke sini sedikit. Dampaknya selain Alun-alun Ciamis sepi, pertokoan di sekitar juga terdampak juga ikut sepi," ujar Jaja, salah pegawai konter ponsel yang lokasi kerjanya, tak jauh dari Alun-alun Ciamis.

Warga berharap pandemi ini segera berakhir sehingga Alun-alun Ciamis kembali ramai dan perekonomian kembali pulih seperti sebelumnya. Tak dipungkiri sepinya Alun-alun Ciamis dari pengunjung, berdampak pada perekonomian setempat.

(bbn/bbn)