Kampanye Prokes COVID Lewat Nyanyian Musisi Jalanan Bandung

Yudha Maulana - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 13:52 WIB
KPJ Bandung bantu kampanyekan prokes COVID-19 ke warga.
Foto: KPJ Bandung bantu kampanyekan prokes COVID-19 ke warga (Yudha Maulana/detikcom).
Bandung -

Satpol PP Jawa Barat punya cara unik untuk mengingatkan warga untuk tetap menjaga protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19. Salah satunya melalui musik dengan menggandeng Kelompok Penyanyi Jalanan (KPJ) Kota Bandung.

Aksi itu dilakukan di perempatan lampu merah Cikapayang, Dago pada Jumat (30/7/2021) pagi. Para pengendara dihibur dengan musik, sambil diingatkan untuk mematuhi prokes COVID-19.

Empat orang petugas membentangkan spanduk berisi imbauan di hadapan para pengendara. Sementara petugas dari Satpol PP lainnya membagikan masker kepada pengendara dan pesepeda.

Kasatpol PP Jabar M Ade Afriandi mengatakan pihaknya berupaya untuk melakukan sosialisasi dengan cara yang lebih humanis. Oleh karena itu, ia menggandeng para musisi yang terdampak pandemi untuk sama-sama mengingatkan masyarakat akan prokes.

"Ya tentunya kita melihat semua masyarakat terdampak, kita melihat salah satunya yang ada di jalan yang selalu kami lihat, karena kami juga sama-sama di jalan bekerjanya, salah satunya adalah kelompok penyanyi jalanan atau Komunitas Penyanyi Jalan (KPJ). Dan ternyata teman-teman ini sudah dulu dibina oleh kang Hari Rusli almarhum," ujar Ade Afriandi.

Momen ini juga, dikatakan Ade, sebagai bentuk perhatian dan pembinaan para musisi jalanan.

"Saya katakan memang ini serba salah ya, tetapi di saat pandemi, mereka juga butuh makan, oleh karena itu kita bina sama-sama kerja bareng, yang artinya kita juga sama-sama di lapangan mengajak mereka mengedukasi masyarakat, dan sesekali juga menjaga mereka untuk kondusivitas di Kota Bandung," ujarnya.

Ketua KPJ Kota Bandung Cepi Suhendar mengatakan biasanya para musisi yang tergabung dalam KPJ mentas di panggung kafe, hotel atau event. Namun, karena situasi pandemi para musisi ini mau tak mau harus turun ke jalan untuk mencari penghasilan.

"Alhamdulillah sekarang diberdayakan, selain itu tentunya ini juga sangat penting ya menghimbau kepada masyarakat. Pemerintah dengan musisi berkolaborasi memberikan imbauan prokes ini sangat baik," ujarnya.

Cepi juga menegaskan musisi yang tergabung dalam KPJ berkomitmen untuk menjaga sikap dan prokes ketika menghibur masyarakat di jalanan.

"Kami juga mengimbau teman-teman supaya menjaga attitude di lapangan juga selalu menjaga prokes kami juga tetap berkordinasi dengan dinas terkaitnya terutamanya Satpol PP yang nanti melakukan tembusan ke pemerintah daerah baik wilayah seperti kecamatan agar supaya teman-teman juga bisa melaksanakan aktivitas sesuai kebutuhan Alhamdulillah pemerintah merespons baik," katanya.

(yum/mso)