Banten Terapkan PPKM Level 3-4, Serang Terendah Angka Vaksinasi

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 10:13 WIB
2.709 pelaku budaya, pariwisata dan ekonomi kreatif jalani vaksinasi COVID-19 dosisi kedua. Kegiatan itu digelar di Kawasan Terpadu Trans Studio Bandung.
Ilustrasi vaksinasi (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Serang -

Banten terbagi menjadi daerah-daerah dengan kategori penerapan PPKM level 3 dan 4. Tapi, vaksinasi keseluruhan provinsi ini masih di angka 16,14 untuk dosis pertama dan 6,52 persen untuk dosis kedua dari total sasaran 9,2 juta. Kabupaten Serang jadi daerah paling kecil cakupan vaksinasinya sejauh ini.

Di Banten, daerah yang menerapkan PPKM level 3 adalah Kabupaten Serang, Lebak, dan Pandeglang. Sedangkan yang menerapkan level 4 adalah Tangerang Selatan (Tangsel), Kota Tangerang, Kota Serang, Kabupaten Tangerang dan Kota Cilegon.

Berdasarkan data Satgas COVID-19 Provinsi Banten yang disampaikan Ati Pramudji Hastuti, dari target 9,2 juta itu, vaksinasi dosis pertama mencapai angka 1,4 juta penduduk (16,14 persen) sedangkan dosis kedua mencapai 600 ribuan (6,52 persen) lebih. Data itu adalah hasil kumulatif pelaksanaan vaksinasi sampai hari Sabtu (24/7) kemarin di seluruh daerah.

Dimulai dari daerah yang paling rendah cakupan vaksinasinya yaitu Kabupaten Serang. Target vaksinasi daerah ini adalah 1,2 juta penduduk. Untuk dosis pertama cakupan vaksinasi totalnya masih di angka 5,13 persen dari total target. Sedangkan pemberian dosis kedua baru mencapai 1,74 persennya saja.

Kedua, Kabupaten Pandeglang juga jadi daerah yang masih rendah total vaksinasinya. Pandeglang mentargetkan 982 ribu penduduk yang divaksinasi. Di dosis pertama, cakupannya 7,88 persen tapi di tahap vaksin dosis kedua baru 2,65 persen dari total penduduk.

Kabupaten Lebak di dosis pertama masih 6,66 persennya dari total sasaran 1 juta penduduk. Di tahap dosis kedua itu baru menyentuh 2,84 persen sasaran saja.

Daerah lain yaitu Kota Serang dosis pertama sudah 23 persen sedangkan dosis kedua 9,30 persen dari target sasaran 525 ribu penduduk. Sedangkan daerah yang cakupannya paling tinggi adalah Kota Tangerang mencapai 35,39 persen di dosis pertama dan 14,62 persen di dosis kedua dengan target cakupan 1,4 juta penduduk.

Data tersebut yang disampaikan Ati juga berisi soal masih tingginya penyebaran virus. Seluruh daerah di Banten berada di zona risiko merah kecuali Kabupaten Lebak.

Simak juga video 'Pemerintah Upgrade PeduliLindungi Optimalkan Tracing Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



(bri/bbn)