Polda Banten Patroli Siber Sasar Ajakan Demo Tolak PPKM

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Sabtu, 24 Jul 2021 14:41 WIB
Ilustrasi keamanan siber
Foto: Shutterstock
Serang -

Polda Banten melakukan patroli siber terkait ajakan rencana aksi menolak PPKM di media sosial. Sejauh ini, dilaporkan belum ada rencana gerakan aksi di wilayah Banten.

"Kita meningkatkan patrol siber oleh Ditreskrimsus dan jajaran untuk pemantauan lalu lintas di media sosial terkait ajakan-ajakan," kata Kabid Humas Polda Kombes Edy Sumardi kepada wartawan di Serang, Sabtu (24/7/2021).

Ia pastikan, sejauh ini di wilayah Banten masih kondusif dan belum ada gerakan aksi yang menolak PPKM. Baik buruh, aktivis dan mahasiswa sudah diingatkan bahwa aktivitas berkerumun bisa merugikan karena berpotensi menyebar virus.

"Kita melakukan pendekatan termasuk dengan rektor, BEMnya. Alhamdulillah semua paham mengerti," ucapnya.

Ditambahkan Karo Ops Kombes Amiludin Roemtaat pihaknya juga tetap memonitor jika ada pergerakan akibat seruan aksi tersebut. Imbauan khususnya untuk para buruh sudah dilakukan agar tidak menggerakan massa dengan pertimbangan masih darurat Corona.

"Ada imbauan ke mereka, ke ketua serikat buruh agar mengerem ke seluruh massa atau buruhnya untuk tidak melakukan aksi," ujarnya.

Tapi, antisipasi melalui patroli dan penjagaan di beberapa ruas jalan tetap dilakukan. Termasuk di daerah-daerah yang dekat dengan ibu kota Jakarta.

"Yang jelas, sekarang ini kan pandemi, harus memperhatikan dampak kalau mereka berdekatan takutnya tertular," pungkasnya.

(bri/ern)