Kemnaker-Pemerintah Austria Kembangkan BLK Maritim di Serang Banten

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Senin, 28 Jun 2021 20:28 WIB
Menaker Ida Fauziyah
Menaker Ida Fauziyah (Dok.Kemnaker)
Serang -

Balai Latihan Kerja (BLK) bidang kemaritiman bakal ada di Kota Serang, Banten. BLK ini khusus dibangun oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Indonesia bekerja sama dengan pemerintah Austria.

BLK Maritim nanti dibangun di lingkungan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Serang. Pengembangan balai ini hanya ada di tiga tempat yaitu Serang, Medan dan Makassar. Pengembangannya di Serang saat ini prosesnya dalam tahap pembangunan yang diresmikan Kemnaker bersama pemerintah Austria.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan pengembangan BLK maritim disiapkan untuk mengembangkan pekerja yang bisa menjawab kesempatan yang dibangun pemerintah Indonesia dan Austria.

"Sedang dikembangkan BLK maritim ini salah satu kerja sama dengan Austria, kami ingin mendorong prioritas pengembangan sektor maritim," ujar Ida di Kota Serang, Banten, Senin (28/6/2021).

Indonesia sebagai negara maritim yang terdiri dari ribuan pulau. Pesona wisata juga menjanjikan, namun upaya peningkatan kapasitas tenaga kerja untuk sektor ini belum maksimal.

"BLK maritim mampu mengelola tenaga kerja, mampu menjadikan laut kita sebagai destinasi bahari, mendorong perekonomian di pesisir dan daerah yang memiliki kawasan bahari," ujarnya.

Di BLK maritim nanti juga harapannya ada transfer pengetahuan bagi peserta untuk bisa menjawab tantangan ke depan. BLK juga harus punya fungsi link and match untuk kebutuhan industri.

"Kami ingin BLK, yang ada di kementerian atau BLK dikelola pemda, mampu melaksanakan fungsi link and match," ucap Ida.

(bri/bbn)