Tingkat Kesembuhan Pasien COVID-19 di Karawang Capai 91 Persen

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Jumat, 25 Jun 2021 10:32 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Karawang -

Tingkat kesembuhan pasien COVID-19 di Karawang 91 persen, dari total kasus yang terkonfirmasi positif. Perihal itu, Satgas COVID-19 meminta kerja sama semua pihak untuk menerapkan prokes, agar mampu menekan kasus positif.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Karawang, Fitra Hergyana mengatakan dari total jumlah yang terkonfirmasi positif, ada 91 persen pasien alami kesembuhan.

"Total terkonfirmasi positif dari data terbaru kemarin, yakni 23.615, dan yang sembuh itu ada 20.404 jadi ada sekitar 91 persen pasien yang alami kesembuhan," kata Fitra saat dihubungi melalui telepon selular, Jum'at (25/6/2021).

Dikatakannya, tingginya tingkat kesembuhan tersebut, tentunya terpengaruh oleh psikologis pasien.

"Yang sembuh tentunya karena mereka semangat untuk berpikir positif, dan yakin terhadap dirinya untuk bisa sembuh, selain dari pengobatan, psikologis pasien itu yang terpenting harus stabil, dan tidak stress berat," katanya.

Meski ada peningkatan kesembuhan, pihaknya berupaya menambah tenaga kesehatan (Nakes), akibat banyak yang terpapar covid-19.

"Peningkatan yang terkonfirmasi memang masih tinggi, bahkan pasien terus bertambah. Tapi, nakes banyak yang terpapar, ruang inap di RS juga penuh, jadi kami berupaya menambah nakes," ujarnya.

Pihaknya pun telah mengirimkan surat kepada Dinkes Jawa Barat, untuk menambah nakes.

"Beberapa tenaga medis yang sangat dibutuhkan yakni dokter dan perawat, itu semua sudah kami kirimkan suratnya ke Dinkes Jabar," katanya

"Masyarakat yang mau jadi relawan dalam menghadapi pandemi ini juga bisa daftar ke indorelawan.org," tandasnya.

Data terbaru dari Satgas Covid-19, hingga Kamis kemarin, pukul 12.00, jumlah warga Karawang yang terpapar yakni 23.615 orang, telah sembuh 20.404 orang, dirawat di RS 891 orang, isolasi mandiri 1.574 orang dan meninggal dunia 746 orang.

Simak video 'Grafik Lonjakan Covid-19 di RI dalam 2 Pekan Terakhir':

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)