Round-Up

Deretan Kepala Daerah-Pejabat di Jabar dan Banten Positif Corona

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 25 Jun 2021 08:48 WIB
Coronavirus. COVID-19. Copy space. 3D Render
Foto: ilustrasi (Getty Images/BlackJack3D).
Bandung -

Sejumlah pejabat di wilayah Jawa Barat dan Banten positif terpapar COVID-19. Mulai dari Plt Wali Kota Tasikmalaya, para kepala dinas di lingkungan Pemkab Majalengka hingga Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya.

Plt Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf diketahui positif COVID-19 berdasarkan hasil tes PCR. Kabar tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Ivan Dicksan.

"Kami dapat informasi hasil PCR kemarin Pak Plt Wali Kota positif," kata Sekretaris Daerah Ivan Dicksan, Kamis (24/6/2021).

Dia mengaku belum mengetahui secara pasti sumber paparannya. Namun, kata Ivan, dalam sepekan terakhir aktivitas Plt Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf memang cukup tinggi.

Sementara di Majalengka para pejabat level kepala dinas juga banyak yang terpapar COVID-19. Mereka terpapar setelah sebelumnya Bupati Majalengka Karna Sobahi dinyatakan positif terpapar virus terssebut.

Informasi yang didapat detikcom, pejabat yang saat ini ikut terpapar virus Corona di antaranya Sekertaris Daerah Eman Suherman dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Gatot Sulaeman.

"Iya Pak Sekda positif setelah menjalani swab antigen, nanti mau di tes PCR. Pak Gatot juga positif," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Majalengka Iskandar Hadi saat dihubungi, Kamis (24/6/2021).

Selain itu, Kepala Dinas Pendidikan Ahmad Suswanto, Kepala Satpol PP Toto Prihatno, Kepala Dinas Kesehatan Harizal F Harahap dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Iding Jaenudin juga diketahui terkonfirmasi positif.

Di Kabupaten Lebak, kabar tidak sedap juga tersiar. Bupati Lebak Iti Octavia Jayaba mengumumkan dirinya positif terpapar virus Corona.

Dia kini tengah menjalani isolasi mandiri di rumah dinasnya. "Ya, betul. Ibu Bupati positif, sekarang isolasi di rumah dinas di pendopo," kata Kadinkes Lebak Triyatno Supiono saat dikonfirmasi detikcom di Lebak, Banten, Kamis (24/6/2021).

Iti terpapar COVID-19 dengan status gejala ringan seperti batuk dan sakit tenggorokan. Pemkab Lebak langsung melakukan tracing ke lingkungan keluarga yang berpotensi melakukan kontak erat dengan politisi Partai Demokrat tersebut.

"Tadi pagi sudah ditracing. Ada 30 anggota keluarga ibu yang kami swab, terakhir tadi 10 orang juga yang ada di sekitar lingkungan keluarganya," ujar Triyatno.

Tonton video 'Sebaran 20.574 Kasus Baru Covid-19 di 34 Provinsi 24 Juni':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)