Bandung Zona Merah, Ridwan Kamil: Jangan Didatangi Sepekan

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 24 Jun 2021 22:15 WIB
Sultan Ingin Jogja Lockdown, Ini Kondisi Kasus Corona di Jogja
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta agar tamu dan wisatawan yang tak memiliki urusan genting, untuk tak mendatangi Kota Bandung dan Kabupaten Bandung dalam waktu satu pekan ke depan.

Imbauan itu menyusul status zona merah atau daerah dengan risiko tinggi penularan COVID-19 per 24 Juni 2021, yang disandang kedua daerah tersebut pekan ini.

"Per tanggal 24 Juni 2021, di minggu ini zona merah Jawa Barat adalah Kota Bandung dan Kabupaten Bandung," tulis Ridwan Kamil dalam akun IG resminya, Kamis (24/6) malam.

"Wisatawan dan tamu yang kegiatannya tidak sesuai esensial dimohon untuk tidak mendatangi wilayah ini sampai 7 hari ke depan," ujar pria yang akrab disapa Kang Emil itu melanjutkan.

Ia pun mengimbau agar warga yang berdomisili di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung untuk memaksimalkan kegiatan dari rumah masing-masing. "Kurangi pergerakan sekunder apalagi tersier," tuturnya.

Kang Emil pun menginstruksikan kepada aparat untuk mengedukasi tentang protokol kesehatan, sekaligus menindak pelanggar secara prosedural dan persuasif tentang 5M. "25 wilayah lainnya tetap siaga, dan terus berupaya untuk menurunkan BOR RS Covid dengan menguatkan PPKM mikro dan isolasi non rumah sakit," katanya.

Sebelumnya, pada hari yang sama, Kang Emil mengumumkan bahwa Jabar nihil zona merah. Pasalnya, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) telah masuk ke dalam zona oranye.

(yum/mud)