Sistem Eror Melulu, PPDB SMA di Banten Diperpanjang Hingga 28 Juni

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Kamis, 24 Jun 2021 20:13 WIB
Ilustrasi PPDB (Andhika Akbarayansyah)
(Foto: Ilustrasi PPDB (Andhika Akbarayansyah)
Serang -

Pelaksanaan PPDB untuk SMA Negeri di Provinsi Banten akhirnya diperpanjang hingga 28 Juni 2021. Meskipun di hari terakhir pada hari ini website pendaftaran https://ppdbmandiri.bantenprov.go.id/ tetap belum bisa melayani calon peserta didik secara maksimal.

"Kesepakatan legislatif dan eksekutif, sesuai kesepakatan ada perpanjangan, nanti akan dilaporkan ke pimpinan dan disepakati ada penambahan waktu, nanti keputusannya akan disampaikan ke pimpinan," kata Kepala Bidang SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Pemprov Banten Lukman kepada wartawan di Gedung DPRD pada Kamis (24/6/2021).

Pengumuman untuk jalur zonasi ini juga disepakati berubah pada tanggal 30 Juni. Daftar ulang ditentukan pada 8-9 Juli.

Untuk pendaftaran jalur afirmasi, prestasi dan perpindahan orang tua dilakukan tanggal 1-5 Juli. Pengumuman pada 7 Juli dan pendaftaran ulang ke sekolah pada 8-9 Juli.

Dindikbud sendiri bersikukuh bahwa server sudah berjalan dengan baik. Laporan dari tim IT yang disiapkannya menyebut bahwa website berjalan baik. Tidak ada perubahan mekanisme pendaftaran bagi calon siswa saat PPDB diperpanjang.

"Tetap melakukan yang dilakukan seperti hari ni. karena kan hari ini pun sudah berjalan dengan baik, yang pasti hari ini sudah berjalan dengan baik tentunya kita lakukan sampai di akhir," katanya mengklaim.

Pada hari ini, Ombudsman RI Perwakilan Banten menyebut berbagai masalah di PPDB SMA tahun ini sebagai kemunduran tata kelola pendidikan. Pihaknya menemukan berbagai catatan masalah dari laporan masyarakat dan temuan langsung di lapangan yang merugikan calon siswa.

"Permasalahan pada proses PPDB SMA tahun ini mencerminkan kemunduran tata kelola pendidikan di Provinsi Banten," kata Kepala Perwakilan Ombudsman Banten Dedy Irsan.

Bahkan pada pukul 15.45 WIB tadi, website masih belum bisa melayani meski bisa diakses. Padahal, hari ini adalah hari terakhir pendaftaran calon siswa.

"Maka Ombudsman Banten mendorong agar pemerintah Provinsi Banten memperpanjang masa pendaftaran online dan memastikan sistem berjalan dengan baik. Jika masih belum dapat memastikan sistem berjalan dengan baik, sebaiknya mengambil kebijakan lain dengan payung hukum yang jelas untuk memastikan hak masyarakat tidak dirugikan," pungkasnya.

(bri/mud)