COVID Varian Delta Masuk Jabar, Bupati Ciamis Ingatkan Warga Taat Prokes

Dadang Hermansyah - detikNews
Kamis, 24 Jun 2021 11:15 WIB
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya
Foto: Bupati Ciamis Herdiat Sunarya (Dadang Hermansyah/detikcom).
Ciamis -

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya terjun langsung ke daerah perbatasan untuk mengingatkan warga agar lebih waspada dan menerapkan protokol kesehatan. Apalagi saat ini COVID-19 varian Delta sudah ditemukan di Jawa Barat.

Herdiat mengatakan beberapa Minggu lalu, Kabupaten Ciamis masuk zona merah. Salah satunya karena bertambahnya jumlah yang terkonfirmasi positif dan tingginya angka kematian.

Meski kini Ciamis masuk zona oranye, namun masyarakat harus lebih waspada karena munculnya varian baru COVID-19. Virus Corona varian delta ini sudah ditemukan di beberapa daerah di Jawa Barat.

"Varian baru COVID-19 tersebut sangat cepat menular dan mematikan, sehingga masyarakat diimbau untuk lebih ketat lagi dalam melaksanakan protokol kesehatan. Sebetulnya untuk memutus COVID ini, caranya kita harus sama-sama mematuhi prokes dengan melakukan 5M," ucapnya saat mengunjungi wilayah Kecamatan Panawangan, Kamis (24/6/2021).

Sosialisasi ini dilakukan di daerah perbatasan tujuannya untuk mencegah agar varian baru COVID-19 tidak masuk ke Kabupaten Ciamis. Herdiat meminta posko PPKM Mikro di setiap desa agar dimaksimalkan lagi.

Herdiat menyebut masyarakat saat ini sudah mulai abai dalam menjalankan protokol kesehatan 5M. Memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

"Persentasenya, hanya 60-70 persen warga perkotaan Ciamis yang patuh memakai masker. Sedangkan untuk tingkat desa hanya 20 persen saja," katanya.

Dalam kesempatan sosialisasi ini, Herdiat meminta unsur Kecamatan dari Camat, Danramil, Kapolsek hingga kepala desa untuk lebih gencar lagi mengedukasi, agar masyarakat patuh memakai masker.

"Sengaja kami datang memohon bantuan untuk dapat mensosialisasikan kepada seluruh warga masyrakat terutama tentang pandemi Covid-19 dan Protokol kesehatan," ujarnya.

Sosialisasi pencegahan COVID-19 ini dilaksanakan oleh Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra dan Sekda Ciamis Tatang beserta jajaran juga unsur Forkopimda. Daerah perbatasan lainnya yang dikunjungi yakni Kecamatan Purwadadi dan Lakbok yang merupakan perbatasan dengan Banjar, Pangandaran dan perbatasan Jawa Tengah. Sedangkan Kecamatan Tambaksari juga termasuk daerah perbatasan Ciamis.

Saat ini jumlah kasus positif aktif COVID-19 di Ciamis sebanyak 128 orang, sebanyak 94 orang menjalani isolasi mandiri dan 34 orang menjalani perawatan. 220 orang meningal dunia. Total kasus 5.495 orang dengan jumlah yang sembuh 5.147 orang.

Simak video 'Varian Delta yang Kian Meresahkan':

[Gambas:Video 20detik]




(mso/mso)