Pabrik Nugget di Purwakarta Ludes Terbakar

Dian Firmansyah - detikNews
Selasa, 22 Jun 2021 12:17 WIB
Purwakarta -

Pabrik PT Dunia Daging Food Industries yang berlokasi di Desa Cikumpay, Kecamatan Cempaka, Purwakarta ludes dilahap si jago merah. Api melumat seluruh bangunan di satu blok bagian penggorengan.

Menurut Kapolsek Cempaka AKP Dharmaji, kebakaran ini terjadi di satu bangunan besar yang di dalamnya terdapat bahan yang mudah terbakar, namun pihaknya belum dapat memastikan penyebab kebakaran ini.

"Kita masih melakukan penyelidikan apa penyebabnya dari mana asalnya api itu, tim inafis polres masih bekerja," ujar Kapolsek di Lokasi Kejadian.

Pantauan detikcom di lokasi, api besar masih membakar pabrik yang memproduksi nugget tersebut tersebut. Bahkan asap hitam pekat membumbung tinggi menyelimuti awan. Nampak bangunan pabrik yang berbahan dinding almunium hangus terbakar, area dalam bangunan pun ludes terbakar.

Sementara menurut Supervisor Produksi Windarto, api berawal dari penggorengan yang di dalam penggorengan terdapat hitter, dari alat itu diduga api muncul.

"Mungkin terjadi konsleting listrik di penggorengan, di situ terjadi ada ledakan pas kita running di awal, keluar api dan kita sudah berusaha memadamkan, sempat mati kita pake apar, gak lama keluar lagi si api itu dan langsung membesar kita sudah keluarkan apar yang ada ternyata enggak padam," ujar Windarto.

Windarto menjelaskan, saat terjadi api muncul dari alat hitter yang diketahui alat itu terendam minyak. Api menyulut bahan yang mudah terbakar sehingga menyebabkan api cepat membesar.

"Alhamdulillah karyawan pabrik sudah di evakuasi, jadi tidak ada korban jiwa. Untuk kerugian masih di hitung," ucapnya

Belasan unit mobil pemadam dikerahkan baik milik pemkab Purwakarta maupun milik swasta, api baru dapat di jinakkan setelah proses pemadaman dilakukan selama dua jam. Kini petugas tengah melakukan pendinginan dan konsentrasi di satu titik bangunan yang terdapat bahan kimia.

(mud/mud)