Corona Menggila, BOR di Kota Bandung Capai 90 Persen

Wisma Putra - detikNews
Jumat, 18 Jun 2021 08:37 WIB
COVID-19 Health insurance concept. Blurring of hand holding pen and Stethoscope on health form. Focus on
Foto: Ilustrasi (Getty Images/iStockphoto/farosofa).
Bandung -

Bed Occupancy Rate (BOR) Kota Bandung sudah berada di angka 90 persen. Hal itu dikatakan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

Yana terus mendorong, 28 rumah sakit rujukan di Kota Bandung agar menambah tempat tidur untuk pasien COVID-19.

"Kami terus mendorong teman-teman rumah sakit di Kota Bandung menambah kapasitas tempat tidur. Harapannya, teman-teman rumah sakit bisa menambah. Mudah-mudahan itu juga tidak dipakai," kata Yana, Jumat (18/6/2021).

Dia menyebut dari 90 persen BOR di rumah sakit rujukan COVID-19, setengahnya diisi oleh warga dari luar Kota Bandung. Meski demikian, Yana memastikan rumah sakit di Kota Bandung tetap berusaha memberikan pelayanan terbaik.

"Memang berdasarkan indikator BOR seperti kita ketahui sudah di atas 90 persen. Tapi kalau kita lihat 50 persennya itu bukan warga Kota Bandung. Tentunya atas dasar kemanusiaan tidak mungkin rumah sakit menolak pasien non Kota Bandung," ungkapnya.

Yana juga berpesan kepada pihak rumah sakit agar mengantisipasi lonjakan pasien COVID-19, apalagi daerah terdekat seperti Kabupaten Bandung dan Bandung Barat berada dalam kondisi zona merah.

"Tetangga kita ada di zona merah. Tentunya itu ada dampak, sehingga pasien terindikasi COVID-19 dirujuk ke rumah sakit Kota Bandung," jelasnya.

Yana meminta masyarakat agar tetap tenang, tetap jaga protokol kesehatan dan memerintahkan kewilayahan camat dan lurah untuk menambah tempat isolasi mandiri bagi warga.

Tonton video 'Grafik Lonjakan Kasus Corona di Jakarta Per 6-17 Juni':

[Gambas:Video 20detik]



(wip/mso)