Ramai Kerumunan Vaksinasi Massal di Stadion GBLA Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 21:33 WIB
Ramai foto kerumunan vaksinasi massal di Stadion GBLA Bandung
Ramai foto kerumunan vaksinasi massal di Stadion GBLA Bandung (Foto: Tangkapan layar Instagram)
Bandung -

Vaksinasi massal di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) menimbulkan kerumunan. Foto-foto kerumunan di GBLA itu pun beredar di media sosial (medsos).

Sebagaimana dilihat detikcom di beberapa akun medsos, terlihat unggahan menunjukkan kerumunan masyarakat yang hendak menjalani vaksinasi di Stadion GBLA pada Kamis (17/6/2021). Adapun foto-foto yang beredar menampilkan warga yang sedang antre baik di pintu masuk menuju ke Stadion area terbuka maupun kerumunan di bagian Stadion semi tertutup.

Kerumunan di bagian Stadion semi tertutup itu terlihat seperti di sebuah koridor di depan pintu masuk Stadion GBLA. Foto yang diambil dari atas itu, terlihat warga berkerumun mengantre.

Stadion GBLA sendiri dijadikan lokasi vaksinasi massal di Bandung. Ditargetkan 5.000 warga di Bandung Raya menjalani vaksinasi di GBLA.

Proses vaksinasi sempat ditinjau langsung oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala BNPB Ganip Warsito siang tadi.

Proses vaksinasi itu sudah berjalan sejak pagi. Warga pun sejak pagi sudah memadati Stadion yang terletak di Gedebage itu.

Detikcom juga melihat antrean panjang warga yang hendak masuk ke area dalam Stadion untuk divaksin. Antrean warga yang sambil membawa formulir itu mengular.

Menanggapi kerumunan di GBLA Bandung saat proses vaksinasi, Wali Kota Bandung Oded M Danial angkat bicara. Menurut Oded, pihaknya akan melakukan evaluasi lagi.

"Tentu di beda tempat ada lebih dan kurang, kalau ternyata ada hal seperti itu kita evakuasi lagi, yang jelas dari perpindahan dari Ballroom Sudirman ke sana itu kita sedang berupaya, berupaya cari tempat yang lebih representatif," ujar Oded di Pendopo Bandung.

Oded menuturkan vaksinasi di Kota Bandung sempat dilakukan di Ballroom Sudirman. Namun, hal itu juga menimbulkan kerumunan sehingga Pemkot Bandung mencarikan lagi tempat yang lebih luas dan terbuka.

Stadion GBLA kemudian dipilih untuk menjadi lokasi vaksinasi. Bahkan, Oded menyebut pemilihan tempat di GBLA diapresiasi juga oleh Panglima TNI dan Kapolri. Dengan kapasitas 38 ribu, Stadion GBLA dinilai sangat ideal.

"Lima ribu, sesungguhnya hitungan kita kemarin, saya ikut coba berukur lima ribu itu dibandingkan dengan lapangan yang begitu luas dan kursi hampir 38 ribu, sangat ideal. Kalau kenyataan ada seperti itu, harus dievaluasi," tuturnya.

Oded pun berpesan bila nantinya ada kegiatan vaksinasi massal lagi, pihaknya meminta agar masyarakat mematuhi apa aturan petugas. Masyarakat juga diminta mentaati protokol kesehatan (prokes) khususnya dalam menjaga jarak.

"Saya imbau kepada masyarakat walau bukan warga Bandung semua, baik warga Bandung Raya, saya imbau ketika datang untuk vaksinasi tolong masing-masing lebih kedepankan prokesnya," kata Oded.

(dir/mud)