Varian Corona India Masuk Indonesia, Menko PMK Ingatkan Prokes!

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 16 Jun 2021 17:39 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy di Universitas Gunadarma, Depok, Jawa Barat, Minggu (6/6/2021).
Foto: Menko PMK Muhadjir Effendy (Rakha/detikcom)
Bandung -

Varian baru Corona dari India jenis Delta sudah masuk ke Indonesia. Pemerintah meminta masyarakat untuk lebih mendekatkan protokol kesehatan (Prokes).

Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) saat mengunjungi Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Bandung di Jalan Kopo, Kota Bandung, Rabu (16/6/2021).

"Harus diketahui sebagaimana kata Pak Menkes, varian baru delta yang berasal dari India itu sudah masuk ke Indonesia. Karena itu kita mohon mendapat perhatian agar semuanya tetap mematuhi protokol kesehatan," ucap Muhadjir.

Selain tetap menjaga prokes, Muhadjir juga meminta masyarakat untuk tetap sehat dan menjaga tubuh. Terlebih bagi masyarakat yang beraktivitas di luar rumah.

"Menjaga daya tahan tubuh terutama yang bekerja di luar jangan sekalipun mengabaikan protokol kesehatan, karena taruhan kita sekarang hanya tinggal kita disiplin atau tidak, masyarakat mau disiplin atau tidak," tuturnya.

"Kalau tidak disipin maka hukumannya sangat menyakitkan yaitu terjadinya berkembang biaknya COVID-19 yang tidak terkendali ini," kata Muhadjir menambahkan.

Diketahui, varian Corona dari India berjenis Delta B.1617.2 sudah menyebar di sejumlah daerah di Indonesia. Mulai dari Jakarta, Kudus, hingga Bangkalan. Penyebaran varian baru ini pun jadi salah satu pemicu meningkatnya angka kasus COVID-19 di Indonesia.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito juga sebelumnya mengajak masyarakat disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes).

"Fokus pengendalian COVID adalah dengan protokol kesehatan secara disiplin dan konsisten," ujar Wiku saat dihubungi, Selasa (15/6/2021).

"Apapun varian yang beredar apabila masyarakat menjalankan protokol kesehatan, maka transmisi/penularan penyakit bisa dicegah, apapun variannya. Mari kita fokus pada prokes," sambungnya.

Simak Video: Kenali Gejala yang Timbul dari Varian Corona Delta

[Gambas:Video 20detik]



(dir/mso)