Proyek Tol Serang-Panimbang Seksi III Terancam Molor

Rifat Alhamidi - detikNews
Senin, 14 Jun 2021 16:42 WIB
Pembangunan Tol Serang-Panembang seksi I telah mencapai progres 95,24 persen. Tol itu ditargetkan dapat dilakukan uji laik fungsi pada Juni 2021 mendatang.
Tol Serang-Panimbang (Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD BAGUS KHOIRUNAS)
Pandeglang -

Rencana pembangunan Tol Serang-Panimbang seksi III terancam molor. Pasalnya, masih ada 327 bidang tanah yang hingga kini belum dibebaskan.

Kepala BPN Pandeglang Suraji menjelaskan pembangunan tol Serang-Panimbang seksi III sepanjang 33 kilometer ini menargetkan pembebasan lahan untuk 1.497 bidang tanah. Saat ini baru 1.168 bidang tanah yang telah dibebaskan.

"Artinya masih ada 327 bidang tanah atau 21,87 persen lagi untuk pengadaan lahan tol seksi III ini," kata Suraji di Pandeglang, Banten, Senin (14/6/2021).

Tol Serang-Panimbang seksi III rencananya akan menghubungkan dari Kecamatan Bojong hingga Kecamatan Panimbang. Menurut dia, kendala terbesar pembebasan itu terjadi karena lahan yang dilalui berstatus milik negara.

Seperti lahan milik PT. Perhutani dan lahan milik PTPN VIII. Sedang sisanya, bersinggungan dengan lahan milik aset di beberapa desa dan 3 bidang tanah wakaf yang diperuntukkan bagi tempat ibadah.

"Itu masih bersinggungan, sampai sekarang belum bisa diselesaikan. Yang wakaf juga belum dapat penggantinya karena tanah itu tidak boleh hilang sebagai tempat peribadatan," ucap Suraji.