Ruangan Penuh, RS Purwakarta Dirikan Tenda Darurat untuk Pasien COVID-19

Dian Firmansyah - detikNews
Senin, 14 Jun 2021 14:06 WIB
Purwakarta -

Bed Occupancy Rate (BOR) di RSUD Bayu Asih Purwakarta mengalami over kapasitas. Saat ini keterisian tempat tidur untuk pasien COVID-19 sudah mencapai 103 persen.

Pihak rumah sakit mengambil langkah dengan mendirikan tenda darurat di depan area ruangan IGD rumah sakit.

"Kita berusaha menambah ruangan meski lebih ke arah kondisi darurat pasang tenda, kita dapat bantuan tenda dari Dinkes. Istilahnya ini untuk menunggu pasien sebelum masuk ke IGD," ujar Dirut RSUD Bayu Asih Agung Darwis, Senin (14/06/2021).

Agung mengatakan, keterisian tempat tidur di semua ruangan yang ada di rumah sakit ini penuh, baik untuk pasien positif COVID-19 maupun non COVID-19. Bahkan saat ini terdapat 18 pasien yang menunggu ketersediaan tempat tidur, 15 di antaranya sudah terkonfirmasi positif COVID-19.

Sementara lonjakan kasus terkonfirmasi ini terjadi pasca libur Lebaran. Diduga penyebaran terjadi saat warga melaksanakan mudik atau berlibur di sejumlah tempat.

"Meski mudik di larang, tapi lonjakan ini pasca libur Lebaran kemarin. Dari 100 persen pasien COVID-19, 30 persen terkonfirmasi dari luar daerah Purwakarta. Hari ini ada 8 nakes yang terkonfirmasi positif hasil PCR, mereka sedang isolasi" katanya.

Berdasarkan data dari Diskominfo Kabupaten Purwakarta melalui akun Instagramnya per 13 Juni, kasus aktif positif COVID-19 mencapai 509 orang. Padahal di hari sebelum terkonfirmasi 385 orang.

Adapun suspect 220 orang dan kontak erat sebanyak 506 orang, sementara korban meninggal secara akumulasi sebanyak 254 jiwa.

(mso/mso)