Jabar Hari Ini: Ibu 'Ngegas' ke Polisi Minta Maaf-Pemudik Pakai Pelat Nomor Palsu

Tim detikcom - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 20:52 WIB
Pengendara plat B yang maki petugas di Sukabumi minta maaf
Foto: Pemudik yang maki petugas minta maaf (Syahdan Alamsyah/detikcom).

Pakai Plat Nomor Dinas Polri Palsu, Pemobil Diamankan Polisi Majalengka

Sebuah mobil yang melintas di pos penyekatan Cikijing, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat pada Minggu (16/5) kemarin, dihentikan petugas karena kedapatan menggunakan pelat nomor palsu.

Tak tanggung-tanggung, mobil tersebut menggunakan pelat nomor palsu milik kedinasan Polri. Benar saja setelah diperiksa, ternyata pengemudi mobil jenis Nissan Tera itu memakai pelat nomor kedinasan Polri yang palsu.

Kapolres Majalengka AKBP Syamsul Huda melalui Paur Subbag Humas Aipda Riyana memastikan mobil tersebut bukanlah mobil dinas Polri serta pengemudinya juga bukan seorang anggota.

"Itu bukan mobil dinas, itu mobil pribadi. Dia juga bukan anggota kepolisian," kata Riyana saat dikonfirmasi detikcom melalui sambungan telepon.

Ia menjelaskan saat itu petugas tengah melakukan penyekatan terhadap kendaraan dari luar daerah yang hendak masuk ke wilayah Kabupaten Majalengka. Namun tiba-tiba, melintas mobil yang menggunakan pelat dinas kepolisian.

"Kita kan tahu pelat dinas itu dari luar Majalengka, jadi diberhentikan siapapun dia ternyata masyarakat biasa yang memakai pelat palsu," ungkapnya.

Dari hasil pemeriksaan kata Riyana, mobil itu dikemudikan oleh EK (39) warga Kecamatan Anjatan, Kabupaten Indramayu. Sementara pelat nomor asli mobil tersebut ialah B 1335 SSP.

Menurutnya mobil dengan nopol dinas Polri palsu beserta pengemudinya tengah diperiksa secara intensif di Polsek Cikijing.

"Alasannya masih kita gali, masih proses pemeriksaan. Pengemudi dan kendaraannya dibawa ke Polsek Cikijing guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," pungkas Riyana.