Dipadati Wisatawan, Wisata Waduk Darma Kuningan Sempat Ditutup

Bima Bagaskara - detikNews
Minggu, 16 Mei 2021 17:00 WIB
Waduk Darma Kuningan sempat ditutup karena membludaknya wisatawan
Waduk Darma Kuningan sempat ditutup karena membludaknya wisatawan (Foto: Bima Bagaskara)
Kuningan -

Objek wisata Waduk Darma di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat sempat ditutup selama hampir dua jam. Hal itu imbas dari membludaknya wisatawan yang datang di hari terakhir libur lebaran ini.

Penutupan objek wisata yang menjadi salah satu ikon Kabupaten Kuningan ini dilakukan mulai pukul 12.00 WIB.

"Iya sempat ditutup hampir dua jam tadi," kata Adam Firdaus pengelola Objek Wisata Waduk Darma saat ditemui di lokasi, Minggu (16/5/2021).

Adam menjelaskan saat ditutup sementara situasi Waduk Darma sedang dipenuhi wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Akibat penutupan itu, sempat terjadi antrian panjang kendaraan yang akan masuk ke Waduk Darma.

"Saat itu memang sedang dilakukan sampling tes antigen jadi terjadi kepadatan sehingga untuk akses masuk Waduk Darma ditutup sementara," jelas Adam.

Setelah situasi pengunjung mulai terkendali menurut Adam, pintu masuk Waduk Darma kembali dibuka dengan tetap membatasi jumlah kunjungan.

Masih kata Adam, tingkat kunjungan wisatawan ke Waduk Darma pada libur lebaran tahun ini menurun drastis dibanding tahun 2019 lalu.

"Menurun drastis, kalau tahun 2020 kan tutup ya pas lebaran, kalau tahun 2019 sehari bisa sampai 7.000 orang. Sementara sekarang per hari palingan 1.000 lebih yang datang," ungkap Adam.

"Namun dibanding hari libur biasa ada peningkatan di momen libur lebaran ini. Yang datang sekarang rata-rata wisatawan dari wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan), tapi ada juga dari luar daerah seperti Jakarta, Bandung hingga Purwokerto," pungkasnya.

(mud/mud)