Wali Kota Bandung dan Keluarga Salat Id di Halaman Pendopo

Wisma Putra - detikNews
Kamis, 13 Mei 2021 10:03 WIB
Wali Kota Bandung dan keluarga salat Id di Pendopo
Wali Kota Bandung dan keluarga salat Id di Pendopo (Foto: Dok Humas Pemkot Bandung)
Bandung -

Masih dalam situasi pandemi COVID-19, Wali Kota Bandung Oded M Danial menjalani salat Idul Fitri di Pendopo Kota Bandung.

"Alhamdulillah hari ini, kami di Pendopo melaksanakan Salat Idul Fitri, jamaahnya semua warga yang ada di Pendopo ini," kata Wali Kota Bandung Oded M dalam pesan suara yang diterima detikcom, Kamis (14/5/2021).

Oded ujarnya, tidak ada orang luar selain penghuni Pendopo dan karyawan Pendopo yang mengikuti salat Idul Fitri bersamanya.

"Kita laksanakan sengaja di sini, karena kita ingin memperkuat desentralisasi agar bisa mengurangi kerumunan," ujarnya.

Oded mengungkapkan, banyak pelajaran dan makna yang dapat diambil dalam musibah pandemi COVID-19 yang sudah terjadi dua tahun ini.

"Bicara tentang makna dua kali Idul Fitri di suasana pandemi COVID-19 banyak hikmah yang harus kita ambil. Musibah COVID-19 ini kita dituntut jadi warga masyarakat yang sabar, sabar atas ujian yang diberikan Allah kepada kita," ungkapnya.

"Kita harus jadi warga yang sabar dalam konteks taat protokol kesehatan, karena walaupun namanya kematian dengan corona adalah hal terpisah, artinya orang mati karena corona dan bukan karena corona. Tapi bukan berarti kita takut dengan corona," tambahnya.

Meski demikian, Oded kembali menegaskan kita harus tetap bersabar. "Tapi kita diwajibkan oleh agama kita, untuk berupaya, ikhtiar. Ada hikmah yang banyak dari COVID-19 ini," paparnya.

Terkait larangan ziarah kubur yang dikeluarkan Pemprov Jabar, Oded menyebut bukan ditiadakan rapi dibatasi.

"Terkait Idul Fitri, ziarah kubur bukan ditiadakan, tapi kita batasi. Kalau kita larang sekali, tetap masyarakat akan melakukan. Kita memohon, agar mereka lebih mengindahkan imbauan kita," pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana dan keluarga pun menggelar salat Idul Fitri di rumah dinasnya yang berada di Jalan Nyland, Kota Bandung.

(wip/mud)