4 Ulah Pemudik Agar Lolos Penyekatan di Jabar: 'Kesurupan'-Angkat Motor

Yudha Maulana - detikNews
Rabu, 12 Mei 2021 09:28 WIB
Aksi pria tiba-tiba kesurupan saat terkena penyekatan mudik.
Foto: Pria pura-pura kesurupan saat terkena penyekatan mudik Lebaran 2021 (Tangkapan layar video viral).
Bandung -

Ada-ada saja ulah pemudik untuk bisa pulang ke kampung halaman. Berbagai cara dan modus pun dilakukan dari yang kocak hingga ekstrem untuk bisa lolos dari penyekatan.

Berikut detikcom rangkum empat ulah pemudik agar bisa lolos dari penyekatan di Jawa Barat:

1. Pura-pura Kesurupan

Seorang pria berpura-pura kesurupan saat diberhentikan petugas. Detik-detik saat pria tersebut bertingkah pun terekam dalam video berdurasi 28 detik.

Dalam video itu terlihat ada seseorang yang memakai iket batik. Terdengar dia berteriak sambil melakukan gerakan tak biasa. "Ieu wilayah aing (ini wilayah saya), Siliwangi," teriak pemudik tersebut.

Dalam video berdurasi 28 detik, pria tersebut langsung mendekati polisi dengan jalan kaku. Setelah diberi pengarahan oleh petugas, dia kemudian berjalan mundur lagi.

Belakangan diketahui kejadian itu terjadi di pos penyekatan simpang Padalarang. Kejadian itu terjadi siang tadi sekitar pukul 11.00 WIB.

"Iya itu benar di wilayah (Polres) Cimahi. Kejadiannya jam 11 tadi," ujar Kasat Lantas Polres Cimahi AKP Sudirianto saat dikonfirmasi.

Dia menjelaskan pemudik itu mengendarai sepeda motor rombongan dengan satu orang temannya yang juga mengendarai sepeda motor. Mereka diberhentikan lantaran terlihat hendak mudik dan menggunakan pelat nomor berawalan Z.

"Dua motor dari Bekasi mau ke Tasik," kata dia.

Saat diberhentikan, petugas mengecek kelengkapan dokumen kendaraan serta dokumen kesehatan. Untuk pengendara yang kesurupan, kata dia, dokumen kendaraan lengkap hanya saja tidak membawa surat rapid tes antigen.

"Tapi karena nggak ada surat rapid antigen kita suruh rapid antigen dulu lah gratis," tuturnya.

Akan tetapi rekan pria kesurupan tersebut tak memiliki dokumen kendaraan lengkap. Rekannya itu diketahui tak membawa STNK motor.

Alhasil, polisi melakukan tindakan penilangan terhadap kendaraan rekannya itu. Akan tetapi saat hendak melakukan penilangan dan penghalauan untuk memutar balik, pria bernama Abdul tiba-tiba kesurupan.

"Begitu tahu temennya mau ditilang mau diputer balik dia pura-pura kemasukan. Kita bingung, mau dikasih minum takutnya puasa," kata dia.

Abdul mengalami kerasukan cukup lama sekitar 20 menit. Saat siuman, polisi langsung meminta mereka untuk balik lagi. Sementara kendaraan rekannya yang tak memiliki STNK ditahan petugas.

"Saat sadar, dia malu-malu, melotot gitu," katanya.

2. Angkat Motor, Cari Jalan Tikus

Penyekatan terus dilakukan petugas di Posko Gamon, Patokbeusi, Subang, Jawa Barat. Pemudik yang tidak memiliki surat keterangan dan surat antigen setiap pemudik diminta putar balik ke daerah asal.

Guna menghindari penyekatan petugas, banyak pemudik motor memilih putar arah sebelum melintas posko penyekatan, mereka mengangkat motornya melewati separator untuk mencari jalan tikus.

"Ini ikut-ikutan aja muter balik, tujuannya cari jalan tikus," ujar Dimas pemudik dari Cikarang tujuan Jawa Tengah, usai menyeberang jalan, Selasa (11/05/2021).

Dimas mengatakan selama perjalanan terdapat sejumlah penyekatan, ia bisa dari melewati penyekatan sebelumnya namun masih tertahan di penyekatan di wilayah Subang.

"Tadi lancar sih, cumamacetnya di sini, di depan ada penyekatan," katanya.

Simak video 'Kena Penyekatan di Padalarang, Pemudik 'Kesurupan': Ieu Wilayah Aing!':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2