WN Prancis Sempat Dicegat Petugas Penyekatan di Cileunyi Bandung

Muhammad Iqbal - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 22:55 WIB
Seorang WN Prancil tercegat petugas penyekatan di Cileunyi Bandung
Seorang WN Prancis tercegat petugas penyekatan di Cileunyi Bandung (Foto: Muhammad Iqbal)
Bandung -

Seorang WNA asal Prancis tercegat di pos penyekatan exit Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung. Ia berniat akan pergi ke Cilacap untuk menikahi calon istrinya.

Seperti pantau detikcom sekira pukul 20.00 WIB petugas kepolisian mencegat kendaraan dengan pelat nomor B 2246 FOX. Ketika diperiksa, ternyata penumpang dari kendaraan tersebut berisikan empat orang, salah satunya seorang WNA asal Prancis.

WNA asal Prancis tersebut bernama Jeremy Philippe Albert (39). Jeremy diketahui datang ke Indonesia pada 4 Mei 2021 lalu.

Salah satu penumpang asal Indonesia, Daryati (36) mengatakan bahwa Jeremy sudah dikarantina selama lima hari di Wisma Atlet sejak kedatangannya pada Selasa (4/5) lalu.

"Kita mau pulang ke Cilacap. Dia dari Prancis tanggal 4. Terus dia karantina lima hari. Beres hari Minggu. Baru hari ini dia bisa pulang," ujar

Daryati yang juga calon istri dari Jeremy mengatakan, niatan Jeremy datang ke Indonesia untuk bertemu keluarga Daryati. Mereka berencana akan melangsungkan pernikahan.

"Rencananya nikah sehabis lebaran," kata Daryati.

Daryati, Jeremy dan dua kerabatnya tidak dapat menunjukkan hasil negatif COVID-19. Akhirnya, petugas pun memaksa mereka untuk melakukan rapid test antigen.

Setelah dilakukan rapid antigen, Jeremy dan ketiga penumpang lainnya dinyatakan non reaktif atau negatif COVID-19.

"Tadi kami gak punya rapid tes, maka di suruh rapid dulu. Hasilnya negatif," katanya.

Di pihak lain, petugas pun akhirnya memberikan diskresi dengan temuan di penyekatan pos Cileunyi tersebut. Mereka diizinkan melaju ke Cilacap setelah dinyatakan negatif COVID-19.

"Kemudian langkah selanjutnya, tetap kita lakukan pemeriksaan rapid tes antigen. Dari hasil rapid tes antigen non reaktif," kata Perwira Pengendali 3 Penyekatan Exit Tol Cileunyi Deny Fourtjahjanto di Cileunyi, Kabupaten Bandung, Senin (10/5/2021) malam.

"Berdasarkan diskresi kepolisian, adanya penyetakan adalah agar tidak menyebarkan COVID, dan hasilnya negatif, maka mereka dapat melanjutkan perjalanan ke Cilacap," pungkasnya.

(mud/mud)