Melihat Aksi Pemuda Gereja Katolik Bersihkan Ruang Isolasi COVID-19 Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Minggu, 09 Mei 2021 13:33 WIB
Pemuda Gereja Katolik bersihkan ruang isolasi COVID-19 di Ciamis.
Foto: Pemuda Gereja Katolik bersihkan ruang isolasi COVID-19 di Ciamis (Dadang Hermansyah/detikcom).
Ciamis -

Aksi inspiratif dilakukan oleh puluhan pemuda Geraja Katolik dari Ciamis dan Banjar. Mereka melakukan aksi bersih-bersih Ruang Isolasi Terpusat COVID-19 di Asrama Haji, Komplek Islamic Center, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu (9/5/2021).

Pantauan detikcom, terlihat puluhan remaja pria dan wanita ini tengah membersihkan berbagai sudut ruangan isolasi terpusat. Dari mulai menyapu, mengepel, mengelap kaca, menyemprotkan cairan disinfektan serta membungkus kasur dengan plastik supaya tidak kotor dan berjamur.

Kebetulan saat ini ruang isolasi terpusat ini kosong seiring dengan kasus COVID-19 di Ciamis yang melandai. Aksi bersih-bersih ini dilakukan sebagai langkah antisipasi apabila ada pemudik yang pulang ke Ciamis dan memerlukan ruang untuk isolasi.

Uniknya, para remaja ini memakai alat pelindung diri lengkap seperti yang biasa digunakan petugas medis dalam menangani COVID-19. Meski panas saat menggunakan APD putih itu, namun para remaja ini semangat melaksanakan aksinya.

Tujuan dari mengenakan APD lengkap tersebut supaya para pemuda ini paham akan perjuangan para tenaga kesehatan dalam menangani COVID-19 yang sangat berat dan melelahkan.

"Kita ingin mewujudkan bela rasa terhadap para tenaga kesehatan yang sudah lama berjuang bagi kita semua dalam menangani COVID-19. Tentunya perjuangan berat karena sudah satu tahun ini kita berada dalam kondisi Pandemi," ujar Diakon Gatot, seorang pemuda yang juga Calon Imam Keuskupan Bandung.

Pihaknya ingin menunjukkan bahwa para pemuda Gereja Katolik ini bekerjasama dengan berbagai pihak dan komunitas dalam upaya menangani pandemi.

"Kita pun bekerja sama dengan berbagai pihak dalam menyelesaikan Pandemi COVID-19. Kita ingin ambil bagian dari situ. Ini bentuk partisipasi kami membersihkan rumah isolasi. Jumlah yang ikut ada 30 pemuda Katolik Ciamis dan Banjar," ungkapnya.

Gatot mengaku berbagai kegiatan sering dilakukan Pemuda Katolik ini, dari membersihkan rumah ibadah hingga rumah kemanusiaan.

"Kami berharap semoga pandemi ini berakhir. Harapan kami ada yang terinspirasi dari kegiatan ini. Bahwa tidak takut, berani dalam upaya melawan Pandemi COVID-19," ujarnya.

(mso/mso)