Bikin Ngeri! Icha Pelihara Ular Ini Selain King Cobra

Siti Fatimah - detikNews
Sabtu, 08 Mei 2021 15:33 WIB
Perempuan asal Bandung bernama Aulia Khairunnisa ramai di medsos usai atraksinya bermain dengan king cobra. Kobra aja ditaklukkin apalagi kamu.
Aulia Khairunnisa (18) atau Icha bersama king cobra bernama Rambo. (Foto: Siti Fatimah/detikcom)
Bandung Barat -

Aulia Khairunnisa (18) atau Icha memelihara ular jenis king cobra sepanjang empat meter. Selain king cobra, Icha ternyata juga memelihara reptil lain baik yang berbisa maupun tidak, yakni piton.

Saat ditemui detikcom, dengan lihainya Icha menggantungkan tubuh piton ke lehernya. Ia pun memperlihatkan ular tersebut kepada tetangganya yang melintas ke depan rumahnya. Sesekali, Icha mengelu tubuh ular tersebut untuk memberikan rasa nyaman dan aman.

Ular piton milik Icha ini memiliki panjang sekitar 2,5 meter sampai 5 meter. Dia menyimpan sekitar 12 ekor ular berjenis king cobra, cobra dua ekor dengan panjang sekitar 2,5 meter, dan piton sembilan ekor.

Meski mengetahui bahaya dari bisa cobra dan king cobra, dia tetap memilih untuk memelihara ular tersebut dan menyiapkan kandang khusus serta memberi pakan secara teratur. Disebut, baik cobra dan king cobra sama-sama memiliki bisa yang mematikan hanya saja ada beberapa perbedaan.

"Perbedaan cobra itu bisa (racun) nya nyembur, kalau king cobra enggak. Terus kalo cobra nggak bisa ukurannya 4 meter, maksimal 2,5 meter itu udah gede banget. Bisa (racun)-nya lebih bahaya king cobra," kata Icha kepada detikcom, Sabtu (8/5/2021).

Perempuan asal Bandung bernama Aulia Khairunnisa ramai di medsos usai atraksinya bermain dengan king cobra. Kobra aja ditaklukkin apalagi kamu.Perempuan asal Bandung bernama Aulia Khairunnisa ini juga memelihara piton: (Foto: Siti Fatimah/detikcom)

Makanan yang biasa disantap reptil ini yaitu ular yang berukuran lebih kecil seperti ular koros. Untuk king cobra, menurut Icha, pakan yang diberikan biasanya satu minggu sekali dengan jumlah 3 sampai 4 ekor ular koros atau setara dengan 3 kilogram.

"Makanannya enggak susah carinya, karena sekarang kan banyak pengepul, jadi Icha beli dari pengepul," ujarnya.

Untuk jenis ular berbisa, kata dia, meskipun sudah akrab tetap harus berhati-hati. Untungnya, selama ini dia tak pernah dipatuk oleh hewan peliharaannya yang berbisa. "Prinsip icha kalau pelihara ular ini harus ada rasa takut. (Digigit) kalau sama yang berbisa alhamdulillah belum pernah," ucap Icha.

Perlu diketahui, Icha telah memelihara king cobra sekitar dua tahun. Ular itu didapat dari temannya dan dibeli. Video atraksinya sempat viral di media sosial TikTok dan jadi perbincangan netizen. "Suka ular pertama pegang kurang lebih umur 4 tahun, dulu dianggapnya mainan. (Berpindah ke king cobra) usia 15 tahun, kelas 9-an coba-coba, pengen belajar," tutur Icha.

(bbn/bbn)