Teknis Larangan Mudik Lokal di Kota Bandung Segera Keluar

Wisma Putra - detikNews
Jumat, 07 Mei 2021 13:19 WIB
Wali Kota Bandung Oded M Danial
Oded M Danial (Foto: Wisma Putra)
Bandung -

Pemerintah pusat melarang kegiatan mudik dalam bentuk apapun, termasuk dalam wilayah aglomerasi. Termasuk aglomerasi Bandung Raya yang meliputi Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

Wali Kota Bandung Oded M Danial menanggapi kebijakan itu dengan positif, namun untuk teknisnya akan ditentukan dalam rapat terbatas, Senin (10/5/2021) mendatang.

"Kita akan ikuti, Insyaallah. Kita akan respon nanti di dalam ratas," kata Oded di Pendopo Kota Bandung, Jumat (7/5/2021).

"Yang penting kita sebagai pemerintah daerah apabila itu sangat rasional dan bagus untuk kepentingan menyikapi COVID-19 ini kita ikut," tambahnya.

Oded mengungkapkan, sebelum ada kebijakan aglomerasi yang diperbolehkan oleh pemerintah dan saat ini dilarang. Pihaknya memang tidak setuju dengan kebijakan itu karena tidak akan menjamin bisa memperkecil mobilitas masyarakat.

"Dari awal sesungguhnya saya termasuk punya mazhab, sebaiknya aglomerasi itu tidak usah. Kalau saya dari awal juga, tapi kita ikuti pusat dulu, karena kenapa? Karena enggak ada jaminan masyarakat bisa mengikuti protokol kesehatan," ungkapnya.

Saat disinggung, saat lebaran nanti apakah warga Kota Cimahi bisa ke Kota Bandung, begitupun dengan daerah di Bandung Raya. Oded meminta warga bersabar.

"Sabar, enggak lama ini. Pokoknya ketika ada kerumunan dan longgar berbahaya," pungkasnya.

(wip/mud)