Cegah Kepadatan, Polisi Akan Tutup Jalan ke Pusat Perbelanjaan Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 07 Mei 2021 12:53 WIB
Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya
Foto: Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya (Dony Indra Ramadhan/detikcom).
Bandung -

Polisi akan ikut berjaga di pusat perbelanjaan menjelang lebaran 2021. Hal ini guna mengantisipasi terjadinya kerumunan di tempat perbelanjaan.

"Ada yang jaga termasuk Kapolsek, fokopimcam di sana," ujar Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Jumat (7/5/2021).

Untuk jumlah personel yang disiagakan di tempat perbelanjaan, sambung Ulung, hal itu menyesuaikan dengan kondisi di lapangan.

"Ya kita kan tetap harus banyak tapi mereka kan juga punya anggotanya, satpamnya segala macam, dan itu penilaiannya itu dari Kapolsek," katanya.

Ulung mengatakan pihaknya bersama instansi lain sudah menyiapkan skema bila terjadi kerumunan di pusat perbelanjaan. Seperti diketahui, area pusat perbelanjaan sendiri dibatasi hanya 50 persen dari total kapasitas.

Ulung menjelaskan nantinya akan menutup jalan menuju ke tempat perbelanjaan apabila lokasi tersebut sudah memenuhi batas 50 persen. Alhasil, masyarakat lain tak bisa masuk sampai kapasitas 50 persen itu berkurang.

"Kalau misalnya padat sekali, jalan yang dekat seperti di Pasar Baru itu jalannya nanti kita tutup, jadi otomatis tidak ada masyarakat (berkerumun di pusat perbelanjaan). Kita tutup dulu, kalau misalnya nanti selama masih 50 persen itu nggak masalah, tapi kalau sudah melebihi kapasitas maka kita akan tutup jalannya," tutur Ulung.

Simak video 'Komisi V DPR Cek Penerapan Larangan Mudik di Stasiun Pasar Senen':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/mso)