Jabar Banten Hari Ini: Sunda Empire dan Nusantara-Ribuan Pemudik Diputarbalik

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 21:03 WIB
Petugas memeriksa kendaraan yang keluar Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung.
Kendaraan diputarbalik di Tol Cileunyi (Foto: Muhammad Iqbal)
Bandung -

Sejumlah berita menyita perhatian pembaca di Jabar Banten hari ini. Mulai dari penyekatan di sejumlah daerah hingga hubungan Sunda Empire dan Kekaisaran Sunda Nusantara.

Hubungan Sunda Empire dan Kekaisaran Sunda Nusantara

Petinggi Sunda Empire Raden Rangga Sasana menyebut Kekaisaran Sunda Nusantara berbeda dengan Sunda Empire. Meski berbeda, masih ada satu garis luru antara Sunda Nusantara dan Sunda Empire.

Pernyataan Rangga itu diungkapkan melalui kuasa hukumnya Erwin Syahduddi yang mengklarifikasi berita heboh soal kemunculan Sunda Nusantara. Saat diklarifikasi ke kliennya itu, Rangga menyebut Sunda Nusantara berbeda dengan Sunda Empire.

"Tapi kalau semangat pribadi itu semangatnya masih sama," ujar Erwin kepada detikcom, Kamis (6/5/2021).

Menurut Erwin, kliennya itu sempat bercerita bila entitas Sunda yang digaungkan oleh Rangga memang terdiri dari empat termasuk Sunda Nusantara dan Sunda Empire. Keempatnya yaitu Sunda Nusantara, Sunda Empire, Sunda Archipelago dan Sunda Atlantik.

"Jadi beliau bilang itu gini, memang untuk entitas Sunda yang dibangun oleh mereka itu terdiri dari rmpat, jadi satu adalah Sunda Nusantara, Sunda Empire, Sunda Archipelago dan Sunda Atlantik," ucapnya.

Bahkan, Rangga bercerita kepada Erwin bila anggota Sunda Nusantara masih ada berkerabat dengan Nasri Banks yang juga petinggi Sunda Empire. "Feeling saya masih ada keterkaitan semangat membuat suatu tatanan sistem karena ada hubungan tertentu, karena ada anggota Sunda Nusantara yang masih kerabat dengan Bang Nasri," ujar Rangga.

Sekadar diketahui, polisi menilang Rusdi Karepesina (55), pengemudi Pajero Sport yang memasang pelat nomor SN-45-RSD pada kendaraannya. Polisi tidak menemukan surat kendaraan resmi dari pria itu.

Saat diperiksa polisi,Rusdi mengaku sebagai warga dari Kekaisaran Sunda Nusantara. "Surat kendaraan (resmi) nggak ada. Cuman bawaSTNK terbitan Negara Kekaisaran Sunda Nusantara," kata KasatPJR Polda Metro Jaya Kompol Akmal, Rabu (5/5).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5 6