KBB Zona Merah, Akses ke Kota Bandung Diperketat

Wisma Putra - detikNews
Rabu, 05 Mei 2021 18:33 WIB
Poster
Ilustrasi virus Corona. (Ilustrator: Edi Wahyono)
Bandung -

Kabupaten Bandung Barat (KBB) kembali masuk zona merah. Pemkot Bandung meminta warganya agar membatasi mobilitas.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan untuk membatasi mobilitas warganya dan KBB pihaknya melakukan pengetatan akses di Kota Bandung. "Ya kita sekarang masih dalam persiapan check point di gate tol. Jalan-jalan di Kota Bandung akan lebih diperketat," ujar Oded di Balai Kota Bandung, Rabu (5/5/2021).

Senada diungkapkan Sekda Kota Bandung Ema Sumarna. "Saya harapkan orang Bandung kurangi mobilitas dan orang KBB pun kita harapkan kurangi mobilitas," kata Ema di exit Tol Pasteur.

Lebaran di tengah pandemi COVID-19 seperti saat ini, meski Kota Bandung dan KBB masih masuk dalam wilayah aglomerasi Bandung Raya, Ema meminta warga Kota Bandung menahan diri di rumah.

"Lebih aman di rumah, kecuali urgent sekali," ujar Ema.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta destinasi wisata di Jabar yang masuk ke wilayah zona merah ditutup. Ada dua daerah di Jabar yang masuk kategori zona merah yaitu Kabupaten Bandung Barat dan Kota Tasikmalaya.

"Jawa Barat juga selalu melihat setiap ada menjelang libur panjang kenaikan kasus pasti naik. Sehingga per hari ini ada kenaikan seluruh Indonesia itu 2 persen. Dulu tahun lalu kenaikan di atas 90 persen. Makanya dengan berat hati saya sampaikan, di hari ini, di minggu ini ada dua zona merah datang lagi ke Jawa Barat satu KBB dan satu lagi kota Tasikmalaya," ujar Kang Emil sapaannya usia apel gabungan di Jalan Diponegoro.

(wip/bbn)