Heboh Hoaks Babi Ngepet di Depok, Ini Kata Ridwan Kamil

Wisma Putra - detikNews
Jumat, 30 Apr 2021 11:49 WIB
Ridwan Kamil hadiahi dua pantun untuk Khofifah
Ridwan Kamil (Foto: Yudha Maulana)
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku prihatin dengan tersebarnya informasi hoaks babi ngepet yang disebarkan oleh tokoh masyarakat di Kota Depok.

Melalui Instagram pribadinya @ridwankamil, pria yang karib disapa Kang Emil ini mengatakan, ada dua hal yang membuat dirinya prihatin yakni masyarakat yang mudah percaya dengan hoaks dan tetangga julid.

"Masih banyak masyarakat yang mudah percaya hoaks. Apalagi pembuat hoaksnya adalah tokoh setempat. Karena akal sehat dan rasionalitas sering dikalahkan oleh hal-hal irasional," kata Kang Emil dalam caption postingannya, seperti yang dilihat detikcom, Jumat (30/4/2021).

Kang Emil juga menyoroti soal perilaku tetangga julid, yang syirik dan menuduh tetangganya yang nganggur tapi memiliki banyak uang.

"Tetangga julid. Sudah mah irasional juga hobi ngomporin menyiram bensin ke api. Menuduh jika tetangga kaya tapi jarang ke luar rumah artinya duitnya tidak halal," ujarnya.

Kang Emil menyebut, saat ini banyak pekerjaan yang menghasilkan uang hanya diam di rumah.

"Padahal hari ini, jual beli online bisa dari rumah, jadi konsultan konten marketing, grafis, bahkan dulu saya arsitek, diawal-awal pernah kerja di rumah selama 2 tahun, mengerjakan kerjaan dari luar negeri," sebutnya.

Ia berharap, generasi penerus bangsa bisa terhindar dari hal-hal tersebut.

"Mudah-mudahan anak cucu kita yaitu generasi Z dan generasi Alpha mah jauh dari hal-hal begini. Aamiin," pungkasnya.

Tonton video 'Akhir Kisah Rekayasa Babi Ngepet di Depok':

[Gambas:Video 20detik]



(wip/mud)