Warga Cianjur Segel Kantor Desa Gegara Kades Menyinggung Ulama

Ismet Selamet - detikNews
Rabu, 21 Apr 2021 16:51 WIB
Warga Segel Kantor Kades di Cianjur
Warga segel kantor Desa Sindangraja di Cianjur. (Foto: Ismet Selamet/detikcom)
Cianjur -

Warga menggelar unjuk rasa dan menyegel kantor Desa Sindangraja di Sukaluyu, Kabupaten Cianjur, Rabu (21/4/2021). Massa geram lantaran kepala desa diduga telah mengeluarkan pernyataan yang menyinggung ulama di wilayah tersebut.

Awalnya warga mendatangi kantor desa untuk meminta penjelasan dan klarifikasi terkait pernyataannya tersebut. Namun Kades Sindangraja Ayi Lukmanul tak kunjung hadir di kantornya, sementara gelombang warga terus berdatangan.

Warga yang kesal itu akhirnya menyegel kantor desa dengan menggembok dan mengunci seluruh akses masuk. Penyegelan dilakukan hingga kades mempertanggungjawabkan pernyataannya.

Usai menyegel kantor desa, massa membubarkan diri sekitar pukul 14.00 WIB. "Kita datang ke sini untuk meminta tanggung jawab kepala desa atas statment-nya yang mengatakan bahwa ulama Sindangraja sudah mengacak-acak tatanan desa," ujar Ade Purnama (43), warga Desa Sindangraja, Rabu (21/4/2021).

Menurutnya, selama ini komunikasi antara ulama dengan pemerintah berjalan baik dan tidak pernah ada perselisihan satu sama lain. "Aksi ini juga dilakukan sebagai bentuk amarah warga yang sudah tidak bisa ditahan lagi, karena selama kades itu menjabat aspirasi warga tidak pernah didengar," tutur Ade.

Kades Sindangraja Ayi Lukmanul membantah telah mengeluarkan pernyataan yang menyinggung para ulama di desanya. Ia mengklaim bahwa komunikasi dan silaturahmi dengan para ulama berjalan baik.

"Kaitan pernyataan saya yang disebutkan massa, saya tidak tahu dan tidak merasa. Komunikasi dengan ulama selama ini baik. Mungkin ini ada kesalahpahaman. Tapi segera saya akan kembali komunikasi dengan para ulama dan tokoh di desa saya," kata Ayi.

(bbn/bbn)