Heboh Bocah di Pandeglang Disunat Gaib, Ini Penjelasan Dokter

Rifat Alhamidi - detikNews
Selasa, 20 Apr 2021 09:27 WIB
Heboh bocah 4 tahun di Pandeglang disunat gaib
Heboh bocah di Pandeglang disunat 'gaib' (Foto: Rifat Alhamidi/detikcom).
Pandeglang -

Seorang bocah berumur 4 tahun bernama Andika Pratama di Pandeglang, Banten mendadak mengalami hal aneh setelah menemukan alat vitalnya dalam kondisi sudah disunat. Rupanya, kondisi ini sudah umum terjadi di dunia medis dengan istilah parafimosis. Lantas, bagaimana tindakan yang harus dilakukan?

Dokter Spesialis Bedah RSU Berkah Pandeglang Dyan Novitalia menjelaskan kondisi parafimosis harus segera ditangani dengan melakukan tindakan sunat atau disebut dengan istilah sirkumsisi. Pasalnya jika tidak segera ditangani, kondisi ini bisa mengakibatkan pembengkakan atau edema bahkan kematian jaringan atau istilah medis disebut nekrosis.

"Kondisi parafimosis bisa membuat bengkak atau di medis dikenal dengan edema bahkan bisa menyebabkan kematian jaringan (nekrosis). Biasanya jika sudah parah dan terjadi pembengkakan, harus segera dilakukan tindakan," kata Dyan saat berbincang dengan detikcom melalui sambungan telepon di Pandeglang, Banten, Selasa (20/4/2021).

Dyan menyebut selama belajar di dunia spesialis bedah, kondisi parafimosis memang sering dialami oleh anak kecil. Faktornya beragam, namun umumnya sang anak mengalami kulit kulum penis tertarik ke belakang dan tidak bisa lagi kembali ke posisi normal.

"Jadi terkesan kulitnya sudah mengunci dan tidak bisa ditarik lagi ke depan, sudah seperti disunat kelihatannya. Makanya dibilang mitos sunat gaib, padahal tidak ada yg seperti itu, ada penjelasan medisnya," ungkap Dyan.

Ia mendorong orang tua anak yang mengalami kasus parafimosis ini memiliki pemahaman lebih supaya bisa menanganinya dengan tepat dan tidak dihubungkan dengan mistis. Minimal menurutnya, orang tua harus berkomunikasi dengan dokter untuk proses penyembuhannya.

"Untuk penanganan awalnya itu bisa dikompres menggunakan air es untuk mengurangi pembengkakan (edema) dengan tujuan agar kulit kulumnya kembali lagi ke posisi semula," ucapnya.

"Orang tua juga harus diedukasi tentang pemahaman kondisi parafimosis yang dialami anaknya, supaya orang tua dapat edukasi bahwa sunat gaib itu hanya mitos dan memang harus ditangani secara medis, karena kondisi parafimosis ini harus ditangani dengan segera sebab jika tidak akan menyebabkan nekrosis (kematian jaringan)," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, seorang bocah berumur 4 tahun di Pandeglang, Banten mendadak mengalami hal aneh setelah menemukan alat vitalnya dalam kondisi sudah disunat.

Anak laki-laki bernama Andika Pratama itu lantas langsung histeris dan mengadukan fenomena yang kerap dikenal sebagai 'sunat gaib' tersebut kepada orang tuanya.

Peristiwa ini terjadi di Desa Sukamanah, Kecamatan Menes, Pandeglang, Banten pada Sabtu (17/4/2021) sekira pukul 17.00 WIB. Waktu itu, Andika yang baru saja bangun dari tidurnya tiba-tiba menjerit histeris karena alat vitalnya sudah dalam kondisi 'disunat' tanpa bantuan orang lain.

"Kejadiannya pas mau buka puasa, sore kang. Waktu itu kan hujan gede, petirnya juga kenceng, tiba-tiba anak saya nangis ke ibunya. Pas dilihat alat vitalnya sudah begitu (sudah posisi 'disunat')," kata ayah Andika, Ahmad Ajid saat ditemui detikcom di rumahnya, Pandeglang, Banten, Senin (19/4/2021).

Lihat juga Video: Anak Roger Danuarta dan Cut Meyriska Sunat di Usia 2 Bulan

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)