Damkar Cianjur Tangkap Ular Sanca 3,5 Meter di Permukiman Warga

Ismet Selamet - detikNews
Selasa, 20 Apr 2021 09:00 WIB
Penangkapan ular sepanjang 3,5 meter di Cianjur.
Petugas Damkar Cianjur berhasil menangkap ular sanca sepanjang 3,5 meter (Foto: Istimewa).
Cianjur -

Warga Cianjur dikejutkan dengan kemunculan ular sanca di tengah permukiman. Ular sepanjang sekitar 3,5 meter itu kemudian berhasil ditangkap oleh petugas pemadam kebakaran.

Informasi yang dihimpun, ular sanca itu mulanya terlihat salah seorang warga Kampung Pabuaran, Kelurahan Sayang sedang merayap di jalan ke saluran selokan.

Sebagian warga berusaha menangkap ular tersebut, dan beberapa lainnya melapor ke petugas Pemadam Kebakaran Cianjur.

"Begitu menerima laporan anggota langsung ke lokasi untuk mengamankan dan mengevakuasi ular sanca tersebut," ujar Petugas Damkar Cianjur Aan Salwan, Selasa (20/4/2021).

Menurutnya petugas sempat kesulitan mengevakuasi ular sanca itu. Pasalnya, sebagian besar tubuh ular sudah masuk ke got di saluran irigasi tersebut.

Namun setelah dua jam, ular sepanjang 3,5 meter tersebut berhasil diamankan petugas. "Proses evakuasi nya cukup lama, karena tubuh ular sudah masuk ke got kecil. Kami harus hati-hati, khawatir ulah tersebut terluka atau malah menyerang petugas," ucapnya.

Aan mengatakan ular sanca tersebut rencananya diserahkan pada pihak terkait untuk nantinya dilepaskan di alam yang jauh dari pemukiman penduduk.

"Rencananya dilepas di alam, namun yang jauh dari pemukiman supaya tidak membahayakan warga dan ularnya sendiri tidak menjadi sasaran warga yang tidak bertanggungjawab," pungkasnya.

Tonton juga Video: Hi! Ular Sanca 3 Meter 'Ngumpet' di Kolong Tempat Tidur

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)