SBMPTN 2021, Tingkat Kehadiran Peserta UTBK di ISBI Bandung 96 Persen

Siti Fatimah - detikNews
Minggu, 18 Apr 2021 17:45 WIB
Tingkat kehadiran peserta SBMPTN di ISBI Bandung 96 persen
Tingkat kehadiran peserta SBMPTN di ISBI Bandung 96 persen (Foto: Siti Fatimah)
Bandung -

Hari ini merupakan hari ketujuh UTBK-SBMPTN sekaligus memasuki hari terakhir pelaksanaan UTBK Gelombang I. Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung mencatat tingkat kehadiran peserta di gelombang pertama UTBK mencapai 96,66 Persen.

"Sebetulnya di ISBI Bandung (tingkat kehadiran) 96 persen lebih hadir. Sementara di kita sedikit yang tidak hadir. Dan setelah ada evaluasi, kita pantau seluruh perguruan tinggi, bahwa ISBI itu justru mendapat ranking 10," kata Rektor ISBI Prof Een Herdiana saat ditemui detikcom, Minggu sore (18/4/2021).

Lebih lanjut, animo jumlah peserta UTBK di ISBI pun dikatakan meningkat ketimbang tahun lalu. Tahun 2021 tercatat ada 13.463 peserta yang terdaftar mengikuti UTBK di ISBI. Berbanding jauh saat pertama kali ISBI menggelar UTBK hanya berkisar 7.000 peserta.

Adapun, alasan meningkatnya animo peserta UTBK di ISBI dibanding tahun 2020 didasari beberapa hal seperti mulainya kepercayaan diri masyarakat di tengah pandemi COVID-19 setelah adanya Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

"Faktor pertama di tahun 2020, pada saat itu pandemi COVID-19 berpengaruh pada peserta yang mendaftar. Tapi mungkin karena dalam kondisi yang kurang stabil pada tahun 2020 awal pandemi, akhirnya mereka mempertimbangkan ikut UTBK," ujarnya.

"Sekarang alhamdulillah kelihatan, dan sudah melewati satu tahun pandemi. Ada adaptasi kebiasaan baru, dan sudah tahu kondisi di lapangan, hal ini berpengaruh pada pendaftar. Apalagi di ISBI juga menambah jumlah mitra UNIBI dan SMKN 7 Bandung," kata Een menambahkan.

Kemudian secara evaluasi teknis pelaksanaan, UTBK gelombang pertama di ISBI berjalan dengan lancar. Hanya saja, pihaknya mengakui ada beberapa kendala yang dihadapi tim panitia dan peserta terutama dari segi jaringan.

"Memang secara teknis mengenai jaringan dari pusat LTMPT. Kalaupun kemarin ada sedikit, hanya beberapa dan itu bisa ditangani. Jaringan sudah kita siapkan dipasang dengan kapasitas yang sudah diperhitungkan. Jadi jauh-jauh hari sudah diperiksa," katanya.

Terakhir, pelaksanaan UTBK Gelombang II di ISBI berlanjut pada 26-27 April 2021 dengan jumlah peserta sekitar 3220 orang. Peserta diwajibkan mengisi formulir tanda kesehatan sebelum memasuki ruangan dan menerapkan protokol kesehatan terutama menggunakan masker.

(mud/mud)