Polisi Bubarkan Balap Liar Selepas Sahur di Kabupaten Bandung

Whisnu Pradana - detikNews
Sabtu, 17 Apr 2021 12:30 WIB
Polisi bubarkan balap liar di kabupaten bandung
Foto: istimewa, dokumen Polres Cimahi
Cimahi -

Polres Kota Cimahi membubarkan balapan liar selepas sahur di daerah Margaasih, Kabupaten Bandung, Sabtu (17/4/2021).

Aksi balapan liar sehabis sahur itu dilakukan di ruas jalan Gerbang Tol Margaasih. Kondisi jalan yang lurus dengan aspal mulus menjadi alasan lokasi tersebut dipilih menjadi arena adu cepat kuda besi.

Polisi yang datang ke lokasi langsung membubarkan balapan liar. Sementara puluhan remaja yang mengendarai motor berknalpot bising dan beberapa bagian lainnya sudah tak standar pabrikan, spontan tancap gas. Mereka berusaha kabur dari kejaran polisi.

Ishur (50) warga setempat mengatakan, aksi balapan liar para remaja itu sudah rutin dilakukan setiap bulan puasa baik menjelang waktu berbuka ataupun setelah sahur.

"Jangan cuma sekali (penertiban) karena memang mengganggu. Kalau bisa tiap hari ada karena kan balapannya ada setiap hari. Tiap puasa pasti ada balap liar. Kalau begini warga jadi nyaman dan tenteram," kata Ishur.

Menurut Ishur, aksi balapan liar mengganggu warga yang ada di dalam rumah dan beribadah di masjid karena berisik.

"Berisik. Kalau rumah di pinggir jalan terdengar sekali. Knalpot yang biasa saja seharusnya, kan di masjid juga banyak ngaji kalau bulan puasa, jadi terganggu," tegasnya.

Sementara itu, KBO Satlantas Polres Cimahi Iptu Erin Heriduansyah mengatakan, penertiban balap liar yang dilakukan berdasarkan laporan dari masyarakat yang merasa terganggu.

"Hasil dari pada ops penindakan laporan masyarakat adanya balapan liar di Margaasih, diamankan satu unit kendaraan yang tidak layak pakai. Rem belakang blong dan spesifikasi tidak standar. Motor disita dan ditilang para pengendaranya," kata Erin.

Dia meminta warga setempat turut mencegah aksi balapan liar dengan melakukan pengamanan internal di samping penindakan oleh kepolisian.

"Masyarakat rutin melaporkan aksi balap liar dan juga melaksanakan pengamanan internal oleh warga di samping polisi menindak para pelaku balapan liar," tegasnya.

Lihat juga Video: Kocar-kacir! Aksi Balap Liar di Gowa Sulsel Dibubarkan

[Gambas:Video 20detik]



(ern/ern)