Jabar Banten Hari Ini: Rumah Baru Penarik Becak-Tersangka Hibah Ponpes Banten Ditahan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 16 Apr 2021 21:44 WIB
Kakek penarik becak yang dicuri uangnya bisa beli rumah dari donasi
Kakek penarik becak di Garut yang uangnya dicuri. Kini dia bisa beli rumah dari donasi warga yang bersimpati kepadanya. (Foto: Hakim Ghani)

T

Bantuan donasi yang dikumpulkan untuk Olih Solihin (62), tukang becak yang menjadi korban perampokan saat sedang solat di masjid Garut mencapai ratusan juta. Abah Olih bahkan bisa beli rumah dan melunasi utang-utangnya dari duit donasi.

Lia, salah seorang anak Abah Olih mengatakan, sejak kejadian pencurian yang menimpa Olih Kamis (8/4) lalu, hingga kini para dermawan terus berdatangan ke tempat tinggal mereka untuk memberikan bantuan. "Alhamdulillah banyak yang sayang. Sampai sekarang masih banyak yang datang ke rumah untuk memberikan semangat ke abah," kata Lia, Jumat (16/4/2021).

Aksi pencurian yang menimpa Abah Olih terjadi Kamis pekan lalu, tepatnya di Masjid Islamic Center, Kecamatan Garut Kota. Saat kejadian, tepatnya tengah hari saat itu, Abah Olih mampir ke masjid untuk menunaikan salat zuhur. Dia membawa uang bantuan senilai Rp 1,3 juta yang baru saja dia bawa dari bank. Uang yang sedianya akan digunakan untuk memperbaiki ponsel milik anaknya itu disimpan di saku celana.

Saat salat, Olih melepas celana dan menggantinya dengan kain sarung. Celana yang disimpan cukup berjarak darinya raib digondol maling.

Cerita ini viral di Tiktok setelah salah seorang pengguna mengunggah video saat Abah Olih histeris. Video itu menggugah rasa iba dari warganet yang kemudian memutuskan menggalang donasi. Sang pengunggah video bernama Rini Herliani (31) ditunjuk menjadi koordinator.

Rini menjelaskan, dari hasil open donasi yang digalangnya selama sekitar 2 hari, ada ratusan juta rupiah duit yang terkumpul untuk Olih dari warganet. Beberapa yang ikut berdonasi diketahui merupakan pesohor negeri.

"Alhamdulillah, rezeki abah. Total yang masuk ke saya ada Rp 131 juta. Insya Allah sudah disalurkan semuanya ke abah," ucap Rini.

Rini menjelaskan, uang yang terkumpul dari proses donasi sudah seluruhnya diberikan kepada pihak keluarga Abah Olih. Olih membeli rumah dan melunasi utangnya dari duit itu.

"Karena abah mempercayakan ke saya, dia katanya ingin beli rumah karena selama ini tak punya. Sudah kita carikan dan alhamdulillah dapat. Tinggal mengurus surat-suratnya," tutup Rini.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5