Respons Anak yang Digugat Ibu Gegara Warisan di Majalengka

Bima Bagaskara - detikNews
Jumat, 16 Apr 2021 16:10 WIB
Seorang ibu di Majalengka gugat perdata anaknya gegara akta kelahiran
Gedung PN Majalengka (Foto: Bima Bagaskara/detikcom)

Sebelumnya, Asep Rachman, selaku kuasa hukum Sri Mulyani, mengungkapkan jika Ika Wartika bukan anak kandung dari Sri Mulyani. Sejak umur enam tahun, Ika Wartika sudah diasuh dan dianggap anak oleh Sri Mulyani dan almarhum sang suami, Andi Kurnaedi.

"Mulai dia (Ika) umur enam tahun diserahkan ke Pak Andi. Kemudian dibikinkan akta lahir, jadi seolah-olah sejak saat itu Ika ini anak kandung Pak Andi dan Ibu Sri, padahal tidak," kata Asep saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (15/4).

Soal warisan yang jadi penyebab perkara ibu dan anak ini, Asep mengungkapkan bahwa Andi Kurnaedi meninggalkan harta warisan dan surat wasiat. Dalam surat wasiat itu, Andi meminta warisannya dibagi kepada Sri dan dua anaknya, termasuk Ika Wartika.

Namun dari pengakuannya, Sri Mulyani menganggap Ika ingin menguasai penuh harta warisan yang ditinggalkan Andi Kurnaedi. "Jadi ada beberapa warisan dan wasiat dari Pak Andi. Ibu Sri dapat setengah, anaknya dapat seperempat, tapi tidak ditunjuk yang mana bagiannya. Nah ketika bu Sri mau menjual warisan itu untuk biaya hidup, dilarang sama Ika. Jadi kesannya menurut versi klien saya, Ika mau menguasai semua warisannya," tutur Asep.

Dalam gugatannya, Sri Mulyani meminta Ika Wartika tidak mengaku-ngaku sebagai anak kandungnya. Sri juga ingin membatalkan lampiran akta kelahiran Ika secara hukum.

Halaman

(bbn/bbn)