Polisi Tangkap Komplotan Pemobol ATM Modus Ganjal Tusuk Gigi di Tasik

Deden Rahadian - detikNews
Kamis, 15 Apr 2021 14:26 WIB
Pelaku pembobolan ATM ditangkap.
Pelaku pembobolan ATM ditangkap (Foto: Istimewa).
Tasikmalaya -

Polres Tasikmalaya berhasil menangkap komplotan pembobol ATM. Modus para pelaku adalah mengganjal ATM dengan tusuk gigi.

Pelaku masing masing berinisial NA, AH dan B. Sementara satu pelaku lain masih dalam pengejaran polisi. Pelaku beraksi di salah satu mesin ATM salah satu bank di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Tasikmalaya.

"Kejadiannya sekitar bulan Januari di salah satu ATM Bank. Pelaku merupakan komplotan pembobol ATM yang biasa beraksi di Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat," kata AKBP Doni Hermawan, Kapolresta Tasikmalaya saat rilis di kantornya, Kamis (15/4/2021).

Modus pelaku dengan cara ganjal mesin ATM gunakan Tusuk Gigi. Korban yang hendak mengambil uang justru tertelan kartu ATM-nya.

Ketiga pelaku memiliki peran yang berbeda dalam menjalankan aksinya. Selain berperan sebagai pengganjal mesin ATM, pelaku lain berperan pura- pura membantu, melihat pin korban hingga memantau lokasi ATM.

"Modus operandinya dengan cara ganjal ATM dengan gunakan tusuk gigi. Korban pura-pura membantu, dengan cepat pelaku menukar ATM asli ke yang palsu. Ada juga pelaku lain berperan melihat pin korban dan pelaku lain amati situasi di Luar ATM," kata Doni.

Akibat perbuatan komplotan ini, korban alami kerugian ratusan juta rupiah. Pelaku kemudian mentransfer uang korban menuju rekening penampungan.

"TKP di kota Tasikmalaya dan kita ungkap kerugian dialami korban sebanyak 467 juta rupiah lebih dari rekening korban," tambah Doni.

"Jadi dari uang yang berhasil dikuras dibelanjakan pelaku. Akibat perbuatannya, pelaku dijerat ancaman tujuh tahun penjara," ujar Doni.

(mso/mso)