Luapan Sungai Ciseel Ciamis Rendam Puluhan Rumah Warga

Dadang Hermansyah - detikNews
Kamis, 15 Apr 2021 03:41 WIB
Hujan mengguyur wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, sejak Rabu (13/1/2021). Mengakibatkan Sungai Ciseel, Kecamatan Cidolog, meluap hingga membanjiri puluhan rumah dan area persawahan.
Rumah warga terendam banjir akibat meluapnya Sungai Ciseel Ciamis. (Foto: Dok.Camat Cidolog)
Ciamis -

Luapan Sungai Ciseel Ciamis merendam puluhan rumah warga dan area sawah di Kecamatan Cidolog. Tidak ada laporan korban jiwa akibat kejadian tersebut.

"Menurut hasil laporan ada 32 rumah terendam banjir di beberapa dusun di Ciparay. Ketinggiannya bervariasi dari selutut orang dewasa hingga mencapai setengah meter," ujar Camat Cidolog Otong Bustomi, Kamis (15/4/2021).

Hujan mengguyur kawasan tersebut pada Rabu (14/4). Otong mencatat sebanyak 28 rumah di Desa Ciparay dan 4 rumah di Dusun Pabuaran terendam banjir.

Sungai yang meluap ini juga merendam lima hektare sawah dan jalan penghubung Kecamatan Cidolog dan Kecamatan Pamarican. Selain itu, banjir merendam 13 rumah di Desa Sukajaya, Kecamatan Pamarican. Sekadar diketahui, Sungai Ciseel ini membelah dua kecamatan tersebut.

Petugas dari BPBD Ciamis serta personel TNI-POlri dan Tagana Ciamis diterjunkan untuk membantu warga. Sejumlah warga dievakuasi ke masjid dan balai desa setempat yang tidak terdampak banjir.

"Sementara warga yang terdampak banjir diungsikan ke masjid dan balai desa. Kebutuhan air bersih pun masih bisa terpenuhi berasal dari sumur Masjid Desa Ciparay," tutur Otong.

(bbn/bbn)