Begal Ponsel Disabilitas dan Perampok RM Gratis Bogor Ditangkap!

M. Sholihin - detikNews
Selasa, 13 Apr 2021 14:03 WIB
Polisi menangkap salah satu pelaku perampokan rumah makn gratis dan pencuri ponsel milik disabilitas di Bogor.
Polisi menangkap salah satu pelaku perampokan rumah makan gratis dan pencuri ponsel milik disabilitas di Bogor. (Foto: M. Sholihin/detikcom)
Bogor -

Polisi menangkap MR, salah satu pelaku begal yang merampas handphone milik Tedy alias Jojo, penyandang disabilitas di Jonggol, Kabupaten Bogor beberapa waktu lalu. Pelaku berinisial MR, warga Cipayung, Jakarta Timur yang berstatus masih pelajar SMA.

"Dari hasil penyelidikan terkait kejadian perampasan handphone dengan korban penyandang disabilitas di Jonggol, yang videonya viral di sosial media, satu dari empat pelaku berhasil kita amankan. Inisial pelaku MR, masih pelajar. Kita tangkap di Cipayung, Jaktim," kata Kapolres Bogor AKBP Harun, Selasa (13/4/2021).

Sedangkan tiga rekan MR yakni, B, N dan AA, masih diburu petugas. Dari tangan MR, polisi mengamankan barang bukti berupa handphone milik korban. "Untuk tiga tersangka lainnya, yakni tersangka B, N dan AA sudah kita tetapkan sebagai DPO," kata Harun.

MR berperan pengendara motor yang siap membawa kabur rekan-rekannya. Ia mendapat bagian Rp 300 ribu dari aksi komplotannya menggondol ponsel milik seorang disabilitas.

"Peran MR dalam kelompoknya sebagai joki. Nah yang melakukan perampasan itu N. N juga mengendalikan atau mengatur pergerakan kelompok mereka. Empat pelaku ini selalu berkelompok saat beraksi. Serta mencari tempat-tempat sepi dan pinggir jalan untuk dijadikan sasaran," tutur Harun.

Dari hasil pemeriksaan oleh polisi, ternyata tersangka MR dan kelompoknya telah terlibat perampokan di rumah makan gratis untuk duafa di Desa Ciangsana, Kecanatan Gunungputri, September 2019.

"Dalam kurun waktu tiga bulan, MR dan rekannya sudah beraksi di empat TKP. Rinciannnya, tiga TKP di Gunungputri dan satu TKP terakhir di Jonggol. Pelaku MR dan kelompoknya juga melakukan pencurian di rumah makan gratis Ciangsana Gunungputri," ujar Harun.

Simak Video: Asyik Nongkrong di Warung, Penyandang Disabilitas Dibegal Pakai Celurit

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)